Iklan Kemendes

10 Tahun Tak Disentuh, Warga Swadaya Perbaiki Jalan

Warga Desa Suka Mulya memperhatikan alat berat yang mereka sewa untuk memperbaiki jalan di desa itu, Minggu (12/8/2018)/ist

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Sudah 10 tahun terakhir kondisi jalan di Desa Suka Mulya, Kecamatan Giri Mulya, Bengkulu Utara, ini memprihatinkan lantaran belum pernah disentuh proyek pembangunan.

Jalan yang masih berupa tanah itu kondisinya sangat licin, becek dan berlumpur terutama di musim penghujan. Akibatnya, aktivitas dan mobilitas warga baik keluar maupun menuju desa setempat menjadi tidak nyaman dan lancar.

Sejatinya, pembangunan jalan tersebut merupakan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara. Karena itu, warga berharap Pemkab BU bisa memberi perhatian.

Sementara itu, pada Minggu (12/8/2018), warga setempat secara sukarela bergotong-royong memperbaiki jalan itu dengan menyewa satu unit alat berat agar pekerjaan bisa lebih cepat.

Salah satu tokoh masyarakat, Nudiarto kepada sahabatrakyat.com mengaku kecewa dengan Pemkab BU yang tidak memperhatikan infrastruktur jalan di wilayah itu.

“Sudah lebih 10 tahun warga harus melewati jalan licin, becek dan berlumpur di desa mereka.

Kami terpaksa secara swadaya memperbaiki jalan ini, karena tak kunjung diperhatikan,” keluh Nudiarto.

Usai inisiatif itu, kata Nudiarto, warga meminta pemerataan pembangunan bisa diwujudkan. Ia berharap, pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara bisa memperhatikan dan turun tangan memprioritaskan pembangunan jalan di desa itu.

Terpisah, Pjs. Kepala Desa Suka Mulya Mulyoto mengatakan karena keterbatasan yang ada, warganya hanya mampu membenahi empat titik jalan yang rusaknya paling parah.

“Kita swadaya, secara gotong royong bersama masyarakat dimana jalan yang rusak parah saja, ada 4 titik jalan yang parah, yang sudah tidak bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat,” ujarnya.

Meski begitu, Mulyoto bersyukur sebab kegiatan itu bisa membangun kebersamaan dan kekompakan warganya.
“Alhamdulillah swadaya ini karena ada kebersamaan dengan masyarakat, dengan didukung oleh tokoh masyarakat dan lain-lain, yang saling membatu untuk kelancaran semua ini,” ucap dia.

Muyoto juga berharap Pemkab BU bisa memprioritaskan pembangunan jalan di desanya. “Yang jelas, kami yang paling utama mengharpkan pembangunan jalan di Desa Suka Mulya menjadi perhatian,” tutupnya.


Penulis: MS Firman

Editor: Jean Freire

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts