Iklan KPU Kota Bengkulu 1

Dispendik-ARTFI Siapkan Kado Istimewa HUT Kota Arga Makmur

Iklan HUT Lebong Purwanto 745 x 300 px
ARTFI bersama para penyanyi Bengkulu Utara yang siap mengeluarkan album perdana lagu pop daerah

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Dinas Pendidikan bersama Sanggar Seni Acting, Teater dan Film (ARTFI) Bengkulu Utara, tengah merampungkan Album Kompilasi Pop Melayu Daerah Bengkulu Utara tahun 2017.

Album itu ditarget tuntas agar bisa dipersembahkan kepada masyarakat Bengkulu Utara, khususnya, dan Provinsi Bengkulu dan nusantara saat peringatan HUT Kota Arga Makmur, Oktober mendatang.

Untuk diketahui, album tersebut merupakan tindak lanjut dari ajang pencarian bakat yang diselenggarakan oleh Bidang Kebudayaan Dispendik bekerja sama dengan ARTFI Bengkulu Utara pada akhir Maret 2107 lalu.

Proses latihan yang dilalui dalam mempersiapkan album lagu pop daerah ARTFI Bengkulu Utara

Ketua ARTFI Romansyah kepada sahabatrakyat.com, belum lama ini (16/08/2017), di Arga Makmur, mengatakan, saat ini pihaknya sudah masuk proses recording (rekaman) setelah beberapa bulan menjalani proses aransement dan latihan.

Ia mengatakan, proses rekaman sendiri sudah mencapai hampir 80 persen. Tinggal menyisahkan beberapa lagu lagi sebelum masuk ke proses mixing.

Para penyanyi yang terjaring dalam festival lagu pop melayu daerah akhir Maret 2017 lalu

“Ada sepuluh lagu dalam album kompilasi itu yang semuanya merupakan lagu baru dan akan dinyanyikan oleh 10 finalis peserta FLPMD BU 2017 dengan masing masing memiliki satu single lagu, yang terdiri dari Rejang, Pekal, Melayu dan Enggano,” jelas Romansyah.

10 lagu dan penyanyi dalam Album Kompilasi yang dimaksud adalah:
– M. Dozi IPP (Laila Maulida Seroja)
– Ricky Praja (Cinta Ba’aka Dusta)
– Agusman (Indui Amak)
– Tommy Dananjaya (Sayang Asua’k ku Sayang)
– Sri Sugiarti (Jang Melayau)
– Triya Elyana Nainggolan (Engano)
– Bella Shintya (Rentak Melayu Bengkulu Utara)
– Mardhian Hadie (Hikayat Janjai Ne)
– Shintya Ayu Nova Widjaya (A’EF KU APAI (Version)
– Selviya (Uku Tun Co’a Si)

Kesepuluh lagu itu merupakan karya perdana untuk Album Kompilasi Lagu Pop Melayu Daerah Kabupaten Bengkulu Utara karya cipta dari musisi dan komposer music Kabupaten Bengkulu Utara, Romansyah (ketua ARTFI).

Proses rekaman album pop melayu

“Mudah-mudahan proses recording ini tidak ada halangan sehingga dapat kita rampungkan pada akhir Agustus ini, kemudian pelaksanaan selanjutnya kita akan segera produksi video clip dari beberapa lagu dari album kompilasi ini, yang nantinya insyaAllah akan kita launching bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Arga Makmur yang ke-41 bulan Oktober mendatang,” papar Romansyah.

Proses rekamanan

Karena itu, Roman berharap dukungan yang begitu besar dari Pemeritah Daerah BU, khususnya Dinas Pendididkan melalui Bidang Kebudayaan, sehingga proses pelaksanaan kegiatan tidak menemui kendala apapun dan dapat berjalan dengan lancar.

Di sisi lain, Roman mengapresiasi para penyanyi. Meski menjadi pengalaman perdana, kemampuan putra-putri daerah Kabupaten Bengkulu Utara itu sungguh luar biasa sehingga proses pembuatan album bisa berjalan dengan baik.

Proses rekaman

“Diharapkan ke depan album kompilasi lagu pop melayu daerah ini akan memberi banyak arti bukan hanya bagi peminat, penikmat musik dan lagu daerah semata, melainkan berdampak pada potensi daerah di bidang lainya untuk sama-sama memiliki andil serta upaya dalam mewujudkan pembangunan yang maju dan sejajar dengan daerah lainnya, membangun sumber daya manusia, seni budaya, pemuda dan pariwisata,” kata Roman.

“Semoga album kompilasi daerah ini juga dapat diterima sekaligus diminati oleh masyarakat di luar daerah Kabupaten Bengkulu Utara, baik di Provinsi Bengkulu maupun nasional,” tambah dia.

Penyanyi tengah menjalani roses rekaman di studio ARTFI

Roman tak lupa mengharapkan doa dan dukungan segenap lapisan masyarakat agar proses perampungan album dapat berjalan dengan baik.

“Mudah-mudahan lagu-lagu dalam album ini bisa menjadi salah satu penghibur, pengobat rindu, dan menambah perbendaharaan lagu daerah Bengkulu Utara yang masih sedikit, serta pembendaharaan lagu dan music daerah untuk nasional sekaligus sosialisasi seni dan budaya daerah, pariwisata serta menjadi kebanggan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara Margono, S.Pd

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Margono, S.Pd, mengatakan, pihaknya sudah melakukan kerja sama dalam rangka memajukan karya-karya yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara.
“Secara positif kita angkat, kita bekerja sama agar kedepannya nanti para seniman-seniman di Bengkulu Utara bisa terfasilitasi dan ini sudah kita lakukan dengan ARTFI,” kata Margono.

Untuk ke depan, lanjut Margono, pihaknya akan selalu berkoordinasi. “Bagian Dinas Pendidikan untuk meningkatkan para pecinta seni yang ada di sini, kita sangat mendukung siapa pun yang memiliki karya, kemampuan dan betul-betul profesional akan kita fasilitasi semampu kita,” ungkap Margono.

“Saya mengajak ARTFI untuk memprogramkan, kita ingin masing-masing punya produk nggulan yang ditampilkan. Jadi ada karyanya, artinya berapa pun yang bisa berkreasi bisa punya produksi, ya kita coba tampilkan di dalam HUT Arma nanti,” katanya.

“Jangan dipendam bagi temen-temen yang mempunyai bakat, minat dan kreasi, secara berangsur nanti kita akan menggerakan sanggar-sanggar ini,” tutup Margono. (MS. Firman/ADV)

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts

Iklan KPU Kota Bengkulu 2