Kepahiang-Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti hadir dan meresmikan Pasar Ikan Higienis (PIH), di Balai Benih Ikan (BBI) Kelobak Kabupaten Kepahiang/ist

BENGKULU– Untuk mempermudah akses konsumsi ikan segar yang selama ini terkendala di beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu, seperti di Kabupaten Kepahiang, Rejang Lebong dan Lebong, Pemprov Bengkulu melalui Dinas Perikanan dan Kelautan menyediakan Pasar Ikan Higienis (PIH) di Balai Benih Ikan (BBI) Kelobak, Kabupaten Kepahiang.
Menurut Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, keberadaan PIH ini berdampak pada peningkatan konsumsi dan gemar makan ikan, dan pola pemasaran ikan bisa lebih baik.
“Kita berharap, saudara-saudara kita yang selama ini berjualan ikan di pinggir jalan bisa berjualan di sini, karena tempatnya lebih nyaman dan aman. Bagi para pembeli pasti membelinya akan puas, karena lebih bersih dan ikannya lebih segar,” ungkap Nopian usai hadir pada Peresmian Pasar Ikan Higienis (PIH), di BBI Kelobak Kabupaten Kepahiang, Senin (12/11/2018).
Menurut Direktur Pemasaran Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikana RI Machmud SP, setelah diresmikan PIH ini, selanjutnya yang harus dilakukan pihak pengelola di tingkat Kabupaten, selain mencari supply ikan, yang paling penting harus dilakukan penangana yang baik.
“Ikan hanya bisa dijaga kesegarannya hanya dengan satu cara yaitu pendinginan menggunakan es. Selain menjaga kesegaran ikak, baik penjual maupun pembeli bersama-sama diminta tetap menjaga kebersihan bersama,” jelas Machmud.
Kepahiang-Peninjauan Lapak Penjualan Ikan konsep kekinian/ist

Sementara itu, Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid menyatakan pihaknya akan terus berupaya menjaga dan mengawal aktifitas di PIH ini nantinya. Sehingga ketersediaan ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar bisa stabil, mencukupi kebutuhan masyarakat Kepahiang khususya dan bagi masyarakat Rejang Lebong dan Lebong.
“Keberadaan PIH ini akan kita kelola sebaik mungkin, dengan gemar makan ikan, anak-anak kita akan makin cerdas. Kami juga siap memberikan kontribusi kepada masyarakat luar Kepahiang untuk menyediakan kebutuhan ikan air tawar,” katanya.
Selain merersmikan PIH BBI Kelobak, kehadiran Sekda Provinsi Bengkulu juga melaksanakan peninjauan ke Lapak Penjualan Ikan konsep kekinian dan Kampanye Gemar Makan Ikan kepada Anak-Anak.


Editor: Jean Freire