Mahmud Siam

Tubei, Lebong – Ditahun 2016 ini, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Lebong menargetkan untuk Pendapatan Asi Daerah (PAD) keseluruhan PBB yakni mencapai Rp 1,325.778.578. Hal ini berdasarkan dari pendataan yang dilakukan ditahun 2016, tercatat jumlah Objek Pajak (OP) masyarakat yaitu 29.964 dengan total target Rp 512.273.519 dan jumlah OP perusahaan sebanyak 26 dengan target PAD Rp 813.505.059.

Dijelaskan Kepala Dinas DPPKAD Kabupaten Lebong, Mahmud Siam, SP, MM dan Kabid Pendapatan dan Bagi Hasil, Syarifudin, S.Sos, M.Si saat ini Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) dan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) telah dibagikan ke seluruh Pemerintahan DEsa di 12 Kecamatan dan Perusahaan yang ada di Kabupaten Lebong.

“Untuk mengoptimalkan penerimaan pembayaran PBB Kabupaten Lebong tentunya dibutuhkan peran aktif dari seluruh pihak terkait. Kita harapkan target PAD yang sudah ditetapkan dapat tercapai,” jelas Mahmud.

Selain itu, lanjut Syarif, penyelenggaraan kegiatan distribusi SPPT ini dilaksanakan atas kerjasama bidang pendapatan DPPKAD Kabupaten Lebong bersama Bank Bengkulu cabang Muara Aman. Sebagaimana tahun sebelumnya objek pajak dapat melakukan pembayaran langsung ke Bank yang selanjutnya akan menerbitkan STTS serta tiket lunas PBB-P2.

“Pemungutan PBB-P2 tersebut dilakukan secara struktural dan melibatkan unsur pemerintahan desa maupun unsur pemerintah kecamatan. Camat dan kades bertanggungjawab atas pengelolaan PBB diwilayahnya masing-masing. Untuk jatuh tempo sudah ditetapkan paling akhir yaitu 10 November 2016,” ungkap Mahmud. (CW Tar)