Bengkulu – Dikutip dari salah satu media di Bengkulu, Noviawan Ail Sudirman yang akrab disapa Tam Tam Ail dan Angky Marcho Fiveta gugur dalam bursa pencalonan Walikota Bengkulu 2018 dari PKB dinyatakan gugur karena tidak mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan yang digelar DPP PKB.
“Angky dan Tam Tam tidak ikut uji kelayakan dan kepatutan, berarti gugur. Tidak ada konfirmasi sama sekali. Kita sudah melayangkan surat dari DPP, tapi tidak ada jawaban dari mereka,” ujar Ketua DPC PKB Kota Bengkulu, Iswandi Ruslan kepada garudadaily.com.
Selanjutnya, sahabatrakyat.com melakukan konfirmasi kepada salah satu kandidat bakal calon wali kota Bengkulu, Tam Tam Ail perihal alasan tidak mengikuti fit and proper tes.
“Ada yang lebih prioritas,” ujar Tam Tam Ail, menjawab pesan singkat via WhatsApp kepada sahabatrakyat.com.
Setelah didesak, akhirnya Tam Tam Ail mengungkapkan alasan yang membuatnya meninggalkan agenda fit and proper tes di DPP PKB.
“Bukan tidak penting. Jadi, saya berangkat tanggal 18 Oktober untuk mengantar orang tua ke Singapore General Hospital yang akan melaksanakan operasi,” ujar Tam-Tam Ail.
Karena jadwal operasi dan fit and dan proper test bentrok, Tam Tam Ail memutuskan mendampingi orang tuanya yang akan melaksanakan operasi di hari yang sama.
“Ini keputusan terbaik bagi keluarga. Sebagai anak, saya memilih mendampingi orang tua yang harus dioperasi. Jadwal wawancara saya tanggal 19 Oktober sedangkan operasi orang tua dilaksanakan tanggal 19 pukul 14.00. Ini pilihan sulit,” ujar Tam Tam Ail dilematis.
Walaupun demikian Tam Tam berharap ada keputusan terbaik terhadap kegagalannya mengikuti fit and proper test.
“Mudah-mudahan ada keputusan terbaik,” ujar Tam Tam Ail menutup pembicaraan. (A1)