Kasus PKBM Fiktif, Polisi Limpahkan 4 Tsk, Seorang Komisioner KPU

Jaksa saat menerima pelimpahan berkas, BB dan tersangka kasus dugaan korupsi BOP Bengkulu Tengah

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Polres Bengkulu Utara kembali melimpahkan berkas perkara, BB, dan tersangka dalam kasus dugaan korupsi bantuan operasional pendidikan (BOP) program paket B atau kasus PKBM fiktif di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

Setelah sebelumnya seorang oknum anggota DPRD Benteng, Selasa (20/2/2018) siang, polisi melimpahkan empat tersangka lagi. Seorang di antaranya anggota KPU Kabupaten Benteng.

Mereka adalah YE, S.Pd, ketua PKBM Ceria Muslimah dan Bendahara PKBM Sebakul Indah; Dra. MHN, ketua PKBM AL- HIJRAH yang juga komisioner KPU Benteng.

Berikut: BS, ketua PKBM WIDYA TABA; RA, M.Pd, bendahara PKBM Galang Mandiri yang juga Sekcam Pondok Kubang.

Para tersangka diduga telah melakukan tindak pidana korupsi dalam penyaluran Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Program Paket B kepada Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kab Bengkulu Tengah tahun anggaran 2013.

Dana BOP bersumber dari APBN pada Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Pembinaan SMP Kemendikbid RI sebesar Rp 676 juta lebih.

Para pelaku dalam jabatannya sebagai ketua PKBM, dengan membuat pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) fiktif, yakni PKBM tanpa ada peserta didik dan tidak ada kegiatan belajar mengajar saat menerima dana bantuan operasional penyelengaraan (BOP) pendidikan Paket B tahun anggaran 2013.


Penulis: MS Firman

Editor: Jean Freire

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts