Iklan Kemendes

Kaur-Sumsel Via Muara Sahung Diyakini Genjot Perekonomian

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah hadiri Paripurna HUT Kabupaten Kaur ke XV Di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kab. Kaur
KAUR- Safari Ramadhan sekaligus menghadiri Rapat Paripurna Hari Ulang Tahun Kaur ke-15 dimanfaatkan Pelaksana tugas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah untuk meninjau progres pembangunan. Di Kaur ‘Bumi Se’ase Seijean’, proyek provinsi soal konektivitas masih jadi prioritas.
“Konektivitas terutama jalan dan jembatan adalah prioritas. Secara bertahap, pembangunannya terus kita galakkan,” ucap Rohidin saat blusukan bareng bupati Gusril Fauzi, Rabu (23/5/2018).
Saat itu, Rohidin meninjau hasil pembangunan jalan tahun anggaran 2017 di wilayah Kaur. Dirinya menegaskan, ruas jalan provinsi yang belum rampung bakal diteruskan hingga benar-benar bisa dimanfaatkan secara total.
“Alhamdulilah 2017 terlaksana jalan Simpang Tiga Padang Guci – Air Kering, juga Tanjung Kemuning – Datar Lebar, ” jelas Rohidin.
Pada 2018 ini, lanjut Rohidin, pemerintah juga berkonsentrasi membangun konektivitas ke Sumatera Selatan via Muara Sahung. Jalan tersebut menurutnya bakal meningkatkan pergerakan ekonomi. Pasalnya, jalur tersebut bisa menjadi andalan masyarakat OKU Muara Dua ke Pelabuhan Linau Kaur.
“Linau bisa menjadi penyangga pelabuhan Pulau Baai, kita di Kaur juga miliki komoditas perikanan luar biasa,” papar Plt Gubernur.
Plt Gub Rihidin pantau hasil pembangunan jalan tahun anggaran 2017 di sejumlah wilayah Kabupaten Kaur.
Dalam kesempatan yang sama, bupati Gusril juga meyakini konektivitas yang dibangun pemerintah provinsi bakal meningkatkan produktivitas masyarakat. Dengan begitu, harapannya juga berefek peningkatan kesejahteraan.
“Pemda Kaur siap bersinergi dengan program prioritas pemprov. Kita juga berupaya pada penguatan komoditas unggulan, pada sektor pertanian kita miliki kopi sawit juga karet,sektor perikanan juga punya,” ungkap Gusril yang turut blusukan hingga jelang Maghrib saat itu.
Sementara, Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu Oktaviano menerangkan, tahun 2018 ini Dinas PUPR telah menganggarkan pembangunan jalan yang meneruskan dan terhubung ke pembangunan jalan tahun anggaran 2017.
“Ujung jalan yang dibangun 2017, menjadi titik nol kegiatan 2018. Jadi proyek jalan terus berlanjut hingga terhubung ke poros jalan utama,” kata Oktaviano.
Berikut beberapa proyek pembangunan dinas PUPR Provinsi Bengkulu di Kabupaten Kaur:
1. Pembangunan/Peningkatan Jalan Sp. III Padang Guci – Air Kering – Padang Leban ( terlaksana 2017 tahap I)
2. Peningkatan Jalan Sp. III Padang Guci – Air Kering – Padang Leban (2018 tahap II)
3. Peningkatan Jalan Sp. III Padang Guci – Air Kering – Padang Leban (target 2019 tahap III/ finish)
4. Pembangunan/Peningkatan Jalan Tanjung Kemuning Datar Lebar – Mentiring (terlaksana 2017)
5. Peningkatan Jalan Datar Lebar – Mentiring via kecamatan Kinal (2018)
6. Pembanguban Jembatan Gantung Desa Gunung Kaya Kecamatan Padang Guci Hilir (2018)
7. Relokasi Jalan Tanjung Iman – Muara Sahung – Air Tembok (2018)
8. Peningkatan Jalan Tanjung Iman – Muara Sahung – Air Tembok /batas Sumatera Selatan (target 2019).
_____________
Editor: Jean Freire
Komentar Anda
iklan kibar

Related posts