Iklan Kemendes

Optimalkan Pemahaman Program JKN-KIS, Ambulan dan Obat-Obatan Gratis

JKN-KIS

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Dalam upaya meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai manfaat program JKN-KIS, BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi kepada para awak media di Kabupaten Bengkulu Utara Rabu (12/9/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala BPJS Cabang Curup Syafrudin Imam Negara, Kepala Bidang Umum Marta Kusuma bersama stafnya Duma, kepala Kantor Layanan Operasional Kabupaten Bengkulu Utaara Nanang Jayadi dan para awak media online, cetak dan elektronik.

Kegiatan sosialisasi terhadap Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan menjadi kebijakan dari Program JKN-KIS terbaru, mempertajam upaya optimalisasi pelayanan serta meningkatkan pemahaman terkait mekanisme pelayanan kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), untuk disampaikan kepada masyarakat luas.

Pihak BPJS Kesehatan terus berupaya melakukan sosialisasi baik langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat, agar peserta pada saat ingin memanfaatkan haknya dapat mengikuti prosedur yang berlaku. Kegiatan sosialisasi ini akan terus digencarkan BPJS Kesehatan selain merupakan kewajiban, kegiatan sosialisasi ini diharapkan akan meningkatkan pengetahuan peserta serta mendorong peserta untuk terus menjaga kesehatan.

Dalam sesi tanya jawab, dijelaskan Syafrudin bahwasannya ambulan yang digunakan rujukan untuk pasien peserta BPJS Kesehatan itu tidak diperkenankan membayar, begitu juga obat-obatan tidak dibebankan kepada pasien peserta BPJS.

“Bila ada ambulance dikenakan biaya dan obat membeli sendiri silakan laporkan kepada kami secara tertulis,” tegasnya

Pada kesempatan tersebut BPJS Kesehatan juga memperkenalkan aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini sangat mempermudah masyarakat baik yang sudah menjadi peserta JKN-KIS maupun yang belum terdaftar. Dalam aplikasi Mobile JKN terdapat berbagai macam kemudahan yaitu kemudahan membayar dan mengubah data peserta, kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, dan kemudahan menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS.

Pengguna Mobile JKN juga dapat mengecek lokasi jaringan fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan serta lokasi kantor BPJS Kesehatan yang berbasis GPS. Masyarakat yang akan mendaftarkan diri dan anggota keluarganya juga tidak perlu repot lagi untuk ke kantor BPJS Kesehatan, cukup men-download aplikasi ini sudah bisa melakukan pendaftaran Program JKN-KIS.


Pewarta: MS FIRMAN

Editor: Jean Freire

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts