Iklan Kemendes

Rohidin Minta Seluruh Anak Sasaran Diimunisasi MR

MR-Pastikan Capai Target Imunisasi MR, Rohidin Minta Eratkan Koordinasi.

BENGKULU- Pada bulan Agustus dan September ini bakal dilaksanakan imunisasi MR (Measles Rubella). Tahun 2018 ini pelaksanakan di luar Pulau Jawa, tentu saja termasuk Provinsi Bengkulu. Pemberian vaksin MR gratis untuk seluruh anak usia 9 bulan hingga usia di bawah 15 tahun.

“Karena diberikan di sekolah-sekolah dan juga fasilitas kesehatan, maka haruslah terkoordinasi dengan stakeholder terkait, dari kepala sekolah, kades, maupun kader kesehatan. Pastikan semua anak yang menjadi target, diimunisasi,” ujar Plt Gubernur Rohidin Mersyah saat pembukaan kampanye introduksi imunisasi MR, di Bengkulu Selatan, Selasa (31/7/2018).

Menurut Rohidin, untuk target minimal 95 persen tidaklah sulit. Bahkan, dirinya yakin di Bengkulu bisa capai seratus persen. Ini karena seluruh kepala daerah berkomitmen memutuskan penularan virus campak dan rubella pada anak setiap daerah.

“Kita ini (di Bengkulu) cakupan penduduknya sedikit, jadi sebenarnya lebih mudah. Pastikan data dari desa serta kader kesehatan tahu persis jumlah anak yang harus diimunisasi,” papar Rohidin.

Dirinya juga mengajak penyuntikan imunisasi MR kali ini menjadi edukasi kesehatan dan sesuatu yang menyenangkan bukan sesuatu yang menakutkan.

Di Bengkulu, berdasarkan data dari dinas kesehatan, sasaran seluruh anak yang akan diberikan vaksin MR mencapai 514.204 orang tersebar di 9 kabupaten dan 1 kota.

Data cakupannya juga dipantau secara online melakui sistem cepat Rapidpro oleh Kementerian Kesehatan dan UNISEF.

“Seluruh anak, tanpa melihat status imunisasi maupun riwayat penyakit campak dan rubella sebelumnya, semuanya diberikan vaksin dan gratis,” terang Kadis Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni.

MR-Pastikan Capai Target Imunisasi MR, Rohidin Minta Eratkan Koordinasi

Vaksin Aman dan Aseli

Kampanye introduksi imunisasi MR yang dilakukan di Bengkulu diharapkan mampu memberikan pencerdasan kepada masyarakat.

Ditegaskan Rohidin, program ini merupakan program dari pemerintah pusat dan dilakukan oleh pihak-pihak kompeten dan terpercaya.

“Keamanan vaksin tentunya dijamin oleh BPOM RI dan juga kementerian kesehatan, distribusinya juga terpantau. Jadi yakinkan, bahwa imunisasi MR ini aman dan memang perlu diberikan untuk anak-anak kita,” tegas Rohidin dengan meminta masyarakat tak perlu risau dengan isu vaksin palsu.

Plt Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, menambahkan, informasi penting yang perlu diberikan kepada masyarakat adalah informasi mencerdaskan. Seperti informasi bahaya Rubela, penularannya serta cara mengeleminasinya.

“Saya juga baru dengar, namanya cantik, ternyata dampak virusnya luar biasa berbahaya. Dan harus kita eleminasi Rubella ini,” demikian ucap Gusnan.


Editor: Jean Freire

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts