Iklan KPU Kota Bengkulu 1

KPU Siapkan Petugas Verifikasi Syarat Dukungan Calon DPD

Iklan HUT Lebong Purwanto 745 x 300 px

REJANG LEBONG- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rejang Lebong tengah mempersiapkan petugas lapangan, yang akan melakukan verifikasi faktual terkait syarat dukungan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Komisioner KPU Rejang Lebong Fahamsyah di Rejang Lebong, Sabtu (26/5/2018), mengatakan petugas yang akan melakukan verifikasi faktual dukungan DPD RI ini berasal dari para komisioner, staf KPU, PPK dan PPS.

“Pelaksanaan verifikasi faktual dukungan DPD di tingkat kabupaten ini akan dilaksanakan pada 30 Mei mendatang sampai dengan 19 Juni 2018 nanti,” katanya dikutip Antara.

Verifikasi faktual dukungan bakal calon (balon) anggota DPD asal pemilihan Provinsi Bengkulu ini, tambah dia, akan dilakukan dengan cara menelusuri satu per satu dukungan masyarakat di daerah yang diberikan kepada 15 balkal calon DPD tersebut.

Verifikasi dukungan masyarakat terhadap bakal calon DPD itu akan mengambil sampel 10 persen dari dukungan minimal yang dikumpulkan oleh 15 bakal calon DPD yakni sebanyak 2.000 dukungan masyarakat yang disertai fotokopi KTP elektronik atau surat keterangan dari disdukcapil setempat.

“Sampel yang akan diverifikasi faktual adalah 10 persen dari jumlah dukungan minimal tadi atau sebanyak 200 dukungan, untuk itu petugas yang melakukan verifikasi faktual dukungan masyarakat ini akan menemui setiap warga yang datanya tertera di situ,” ujarnya.

Jika nantinya verifikasi faktual ini sudah selesai, kata Fahamsyah, akan dilanjutkan dengan rekapitulasi hasil verifikasi faktual syarat dukungan oleh KPU Rejang Lebong pada 20-22 Juni. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian berita acara hasil verifikasi faktual syarat dukungan oleh KPU kabupaten/kota/provinsi pada 23-25 Juni.

Sementara itu dari proses klarifikasi dukungan administrasi masyarakat terhadap balon DPD yang dilakukan KPU Rejang Lebong pada 5-7 Mei lalu dari 389 dukungan masyarakat, sempat ditemukan puluhan data dukungan ganda internal, ganda eksternal serta foto copy KTP yang tidak bisa dibaca sehingga harus dilakukan perbaikan oleh masing-masing balon DPD.


Editor: Jean Freire

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts

Iklan KPU Kota Bengkulu 2