Warga Desa Sukakayo, Kec. Lebong Atas, bergotong-royong membantu rehab rumah warga setempat/foto zakiya-sahabatrakyat.com
Warga Desa Sukakayo, Kec. Lebong Atas, bergotong-royong membantu rehab rumah warga setempat/foto zakiya-sahabatrakyat.com

LEBONG, sahabatrakyat.com– Program bedah rumah Pemkab Lebong tahun 2016 sudah mulai direalisasikan di wilayah Kecamatan Lebong Atas, Kamis (27/10/2016). Program yang ditujukan bagi warga kurang mampu ini ternyata juga berdampak positif dalam menjaga budaya gotong-royong warga.

Hal ini tampak saat warga Desa Sukakayo, Kecamatan Lebong Atas, ramai-ramai mengangkat lalu membongkar dan membangun kembali rumah salah seorang warga setempat yang menjadi penerima atau sasaran program, Baisul Bahri (48 tahun).

Sejak pagi, puluhan warga sudah berkumpul. Setelah membagi tugas dan peran masing-masing, sekitar pukul 10.30 WIB, mereka kompak membantu proyek rehab rumah milik Baisul.

Tradisi gotong-royong memang masih kental di masyarakat Desa Sukakayo dan di sejumlah desa lainnya. Selain saat bedah rumah, biasanya warga juga akan beramai-ramai dalam urusan membangun panggung atau rumah tenda untuk acara hajatan pernikahan, duka dan lainnya.

“Iya saya sangat bahagia mendapat bantuan bedah rumah. Sebab sudah lama saya ingin merehab rumah namun selalu kekurangan biaya. Alhamdulillah berkat adanya bantuan dari pemerintah dan tetangga saya dapat merehab rumah ini lebih baik dari sebelumnya,” ujar Baisul. (cw6)