Butuh 15 Hari Taklukkan Bukit Kandis dan Gunung Bungkuk

Tim Ekspedisi foto bersama usai ngobrol bareng dengan para penggiat panjat tebing di kampus Unib/MS Firman

BENGKULU, sahabatrakyat.com- Puncak tebing Bukit Kandis di Desa Durian Demang dan Gunung Bungkuk di Desa Karang Are, Kabupaten Bengkulu Tengah, akhirnya bisa ditaklukkan para climber.

Tim Indonesia Climber Academy (ICA) dan Enggano Multi Kencana Event Organizer Bengkulu berhasil mencapai puncak-puncak tebing bukit setelah berjuang selama 15 hari.

“Tim sudah menyelesaikan pemanjatan dengan membuat jalur sendiri di tebing Bukit Kandis 120 meter dan tebing Gunung Bungkuk 700 meter dengan 16 pitch dan sekira 200 fixing bolt kami habiskan untuk pembuatan jalur,” ujar Chesar Pramastha, Founder ICA kepada sahabatrakyat.com, belum lama ini di Bengkulu.

Saat “Ngobrol Bareng Bersama Tim Ekspedisi Panjat Tebing Bukit Kandis dan Gunung Bungkuk” yang digelar Star Balm dan Mahupala Unib di gedung auditorium Universitas Bengkulu, Chesar juga mengatakan mereka menjadi yang pertama yang menaklukkan puncak-punck kedua tebing.

“Dengan capaian 1.162 Mdpl, tim ekspedisi ICA menjadi tim yang pertama kali mencapai puncak tebing Bukit Kandis dan tebing Gunung Bungkuk,” ujarnya.

Ia menambahkan, dinding tebing yang sering tertutup kabut, batuan andesit raksasa dalam perjalanan menuju tebing hingga ke puncak tebing sempat menyulitkan tim.

“Namun tim tetap bersemangat untuk melanjutkan pemanjatan dengan kesiapan fisik dan mental,” ujarnya.

Terpisah, Chomarul Zaman Direksi Enggano Multi Kencana, mengatakan, pembuatan jalur bertujuan untuk menunjukan olahraga panjat tebing alam dan wisata minat khususnya di Bengkulu.

“Mimpi kami sesuai dengan ICC adalah memajukan masyarakat sekitar dengan kekayan dan potensi alam yang sebenarnya sangat berlimpah namun belum tergarap secara maksimal,” tukasnya.

“Semoga kegiatan ekspedisi panjat tebing ini bisa mengambil peran dalam upaya eksplorasi Bumi Raflesia yang indah ini,” ungkap Iroel sapaan akrab Chomarul Zaman.

Ekspedisi Tebing Bukit Kandis dan Gunung Bungkuk diikuti oleh 13 orang terbagi menjadi 4 orang Pemanjat Inti, tim manajemen, dan tim logistik.


Penulis: MS Firman

Editor: Jean Freire

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts