Antonio Conte, Chelsea

Roma, Italia – Italia harus bersandar pada semangat tim yang kuat untuk memelihara peluang menjuara Piala Eropa 2016 setelah kesulitan untuk melapis bakat muda, kata pelatih Italia, Antonio Conte, seperti dikutip, Kamis.

Conte, yang akan mengarsiteki klub Liga Inggris Chelsea pada musim depan, akan berharap Italia dapat mengulangi penampilan yang membuat mereka mencapai final Piala Eropa 2012, di mana mereka saat itu dikalahkan Spanyol.

Ia mengatakan kesatuan skuad merupakan hal terpenting jika mereka ingin menjaga peluang di turnamen yang diikuti 24 tim tersebut.

“Penting bagi skuad untuk memiliki semangat yang bagus. Saya banyak mengerjakan hal itu,” kata pria 46 tahun itu saat diwawancarai BBC. “Jika kami mampu menemukan jalan ini, terdapat kemungkinan untuk menjadi salah satu kuda hitam.”

“Saya suka memainkan sepak bola menyerang dan sepak bola atraktif dengan intensitas hebat. Saya menyukai para pemain untuk mentransfer emosi besar bagi para penggemar kami.”

Italia diganggu sejumlah cedera yang menimpa gelandang Riccardo Montolivo, Claudio Marchisio, dan Marco Verratti, di mana ketiganya dipastikan absen pada putaran final.

Conte mengatakan absennya Verratti (23) akan menjadi kehilangan besar.

“Ia merupakan pemain muda terbaik di timnas dan pemain dengan pengalaman (sepak bola) Eropa yang hebat bersama Paris St Germain,” tambah Conte.

“Ini bukan saat yang bagus bagi sepak bola kami. Sangat, sangat sulit untuk menemukan pemain-pemain muda yang kuat. Untuk alasan ini, kami bekerja keras untuk menjadi skuad yang bagus.”

Italia berada di Grup E dan akan menghadapi Belgia, Swedia, dan Irlandia di turnamen yang akan dimulai pada 10 Juni. (Antara)