Iklan Kemendes

Susah Cari Atlet, Ini Strategi KONI Rejang Lebong

Ketua KONI Rejang Lebong Adrian Wahyudi saat menyampaikan sambutan dalam Kejurda Karate KONI Cup I Rejang Lebong

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com– Ketua Umum Pengurus Kabupaten Federasi Olahraga Karate Indonesia Rejang Lebong Letkol Kav. Budi Wirman, S.Sos, mengatakan, saat ini sulit bagi organisasi cabang olahraga dalam mendapatkan atlet. Dia melihat hal itu sebagai dampak perubahan dan kemajuan informasi dan teknologi.

“Sekarang susah cari atlet, karena apa? Karena anak-anak sekarang lebih suka main hape, mereka lebih pilih main game dari pada ikut pembinaan olahraga,” ujar Budi kepada sejumlah wartawan yang mewawancarainya usai pembukaan Kejurda Karate KONI Cup I Rejang Lebong, Jumat (17/11/2017) di Curup, Rejang Lebong.

Oleh sebab itu, lanjut Budi, komitmen pemerintah daerah melalui KONI yang akan memberikan insentif bagi atlet yang berprestasi adalah tepat dan patut diapresiasi.

Budi yang baru menjabat Komandan Distrik Militer (Dandim) 0409/RL melihat ajang kejuaraan di daerah bukan lah satu-satunya tujuan pembinaan, melainkan sebagai salah satu bentuk evaluasi terhadap proses pembinaan selama ini. “Targetnya harus lebih dari itu, kita harus target nasional bahkan internasional,” kata dia.

Hal senada juga dikemukakan Ketua KONI Rejang Lebong, Adrian Wahyudi, SE. Yudi, sapaan akrabnya, menegaskan KONI Rejang Lebong tidak berorientasi juara dalam menyelenggarakan even Kejurda atau Porkab.

“Dari dulu Rejang Lebong adalah salah satu penghasil atlet untuk Provinsi Bengkulu. Banyak atlet kita, Rejang Lebong, yang membawa nama Provinsi Bengkulu,” ungkap Yudi.

“Namun akhir-akhir ini kondisi itu jauh berkurang, sangat kurang. Sehingga kita berkomitmen bagaimana caranya seluruh cabang olahraga kembali bergairah, termasuk melalui even ini (Kejurda Karate, red),” kata Yudi.

Selain itu, Yudi mengatakan, pada 2018 mendatang KONI Rejang Lebong berencana menggelar Pekan Olahraga Kabupaten atau PORKAB Rejang Lebong. Even itu, ujarnya, adalah yang kedua setelah penyelenggaraan even serupa di tahun 1976.

“KONI berencana PORKAB yang kedua ini digelar pada Maret 2018. Jadi ini adalah yang kedua setelah yang pertama diselenggarakan tahun 1976,” kata mantan Ketua DPRD Rejang Lebong itu.

Yudi juga menegaskan Rejang Lebong yang siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi atau PORPROV Bengkulu Tahun 2019.

“Hal ini sudah saya sampaikan kepada KONI Provinsi Bengkulu dan KONI Provinsi siap mendukung. Jadi kalau ada pemilihan tuan rumah, satu suara dari KONI Provinsi sudah untuk Rejang Lebong,” kata Yudi saat memberi sambutan dalam acara pembukaan Kejurda Karate Koni Cup I.

Lebih jauh Yudi juga memaparkan rencana KONI RL yang akan membentuk pusat pendidikan dan latihan daerah atau Pusdiklat di tahun 2018 mendatang.

Karena itu dia meminta agar atlet Rejang Lebong, termasuk para karateka, untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi yang akan diselenggarakan KONI.

“Dalam Pusdiklat tersebut, selain menyeleksi atlet, kami juga akan menseleksi pelatih. Maka pelatih yang kita dapatkan nanti adalah pelatih yang baik. Sebab atlet yang baik juga harus didukung dengan pelatih yang baik,” kata Yudi.


Penulis: JEAN FREIRE

Foto: JEAN FREIRE

 

 

 

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts