Iklan Kemendes

Didukung Kemendikbud, ARTFI Kembali Gelar Festival Lagu Pop-Melayu Daerah

ARTFI kembali gelar Festival Lagu Pop-Melayu Daerah

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Sukses menggelar rangkaian Festival Lagu Pop-Melayu Daerah Kabupaten Bengkulu Utara pada 2017 lalu, tahun ini Sanggar Seni, Acting, Teater dan Film (ARTFI) Bengkulu Utara siap menggelar even serupa dengan cakupan yang lebih luas, yakni se-Provinsi Bengkulu.

Kepada sahabatrakyat.com, Rabu 93/9/2018), Ketua ARTFI Bengkulu Utara Romansyah Sabania mengatakan even tahun ini merupakan wujud konsistensi ARTFI dalam upaya memperkenalkan dan membangun seni budaya daerah, khususnya lagu pop Melayu.

Dikatakan Romansyah, even tahun ini yang bertajuk Festival Lagu Pop-Melayu Daerah Kabupaten Bengkulu Utara ke-2 Se-Provinsi Bengkulu Tahun 2018v mendapat dukungan dan fasilitasi pemerintah pusat melalui Direktorat Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .

“Ini adalah wadah bagi insan seni berbakat guna mengembangkan potensi dan kemampuan dalam rangka mempersiapkan diri guna mengikuti ajang ke tingkat nasional sekaligus guna menambah inventarisasi lagu daerah nusantara, Rejang, Pekal, Enggano Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Indonesia,” paparnya.

Romansyah menambahkan, masa pendaftaran bagi calon peserta sudah dibuka per tanggal 3 Oktober 2018 dan akan ditutup tanggal 13 Oktober 2018.

Setelah itu dilanjutkan tahapan seleksi dan audisi pada 14, 15 dan 16 Oktober 2018. Lalu masuk ke babak Live Performance 26 besar dari dua kategori yakni Kategori Profesional Junior usia 14 s.d 23 Tahun dan kategori profesional Senior usia 24 s.d 45 tahun.

Tiga finalis terbaik dari masing-masing kategori akan ditentukan di malam grand final sekaligus untuk menentukan siapa jawara FLPMD II.

Festival ke-2 tahun 2018 ini memperebutkan tropi, uang pembinaan, t-shirt, bingkisan menarik, piagam penghargaan.

“Dan yang paling menarik adalah bagi pemenang pertama di masing-masing kategori akan kita buatkan rekaman single lagu daerah serta video clip lagu daerah serta berkesempatan masuk menjadi bagian di album kompilasi lagu daerah yang ke-2 bersama penyanyi dari finalis FLPMD yang pertama,” tambah Romansyah.

Tahun lalu, festival tersebut dilanjutkan dengan produksi album kompilasi, video klip, dan launching album bertajuk RENTAK MELAYU KABUPATEN BENGKULU UTARA.

Bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkulu Utara di akhir Agustus lalu ARTFI kembali merilis album Lagu Pop-Melayu Daerah Rejang “Romansyah Sabania“ Ini Tentang Cinta, yang merupakan album pertama daerah Kabupaten Bengkulu Utara produksi ARTFI tahun 2018.

“ARTFI ingin tetap hadir serta berupaya berkontribusi untuk daerah melalui even serupa dengan skala yang lebih besar dan lebih memadai lagi guna menjadi wadah serta ruang kreatifitas seni guna menumbuh kembangkan minat, bakat serta kemampuan sumber daya manusia di bidang seni tarik suara demi menggiatkan kembali lagu daerah Kabupaten Bengkulu Utara yang saat ini masih dirasa cukup minim,” papar Romansyah.

Lanjut Romansyah, yang dilakukan ARTFI adalah menumbuh kembangkan kecintaan dan rasa memiliki daerah Kabupaten Bengkulu Utara dalam upaya memajukan nilai seni, budaya dan pariwisata daerah, serta membina nilai-nilai sosial masyarakat dan toleransi, pendidikan, pembangunanan sumber daya manusia, mewadahi kreatifitas positif para pemuda.

“Sekaligus sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam rangka ikut serta bekerja, berkarya dan berupaya demi kemajuan Kabupaten Bengkulu Utara menuju Wonderful Bengkulu 2020,” ujar Romansyah.

Musisi dan penyanyi lagu Duo Ba Uku Indok sekaligus pencipta lagu Jang Melayau single lagu Sri Nirwana yang sempat hadir sebagai bintang tamu pada even Sultan Gate Music Festival di Singapura beberapa minggu yang lalu ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyakat Kabupaten Bengkulu Utara yang senantiasa memberikan doa dan dukungan.

“Baik dari para sesepuh, budayawan, pengusaha serta kerukunan keluarga masyakat Rejang, Pekal, Enggano, Jawa, Melayu, Lembak, Bali, Serawai dan dari seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu tanpa terkecuali.”

“Kita tetap berharap mudah-mudahan rangkaian kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses. Jangan sia-siakan kesempatan ini karena ajang ini bukan kompetisi biasa.”

“Bagi sahabat dan kerabat yang memiliki minat, bakat serta kemampuan saatnya menunjukkan potensi yang ada, karena kita tidak pernah tahu seberapa besar kemampuan itu, ajang ini memberikan kesempatan untuk menjadi ruang belajar, menggali potensi, berprestasi dan yang paling penting wadah untuk berkarya.”


Penulis: MS Firman

Editor: Jean Freire

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts