Iklan Bupati HUT Lebong 1200 x 483

Potret Sekolah Jauh; Lantai Masih Tanah, Dinding Bangunan Berlubang-Lubang

Iklan HUT Lebong Purwanto 745 x 300 px
Siswa saat belajar di ruang kelas jauh SD 062

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Sekolah Dasar Negeri 062 Bengkulu Utara merupakan satu-satunya sekolah dasar di Desa Kinal Jaya, Kecamatan Napal Putih. Sekolah ini masing-masing terdiri dari sekolah induk dan kelas jauh.

Kelas atau sekolah induk berada di dalam Desa Kinal, sementara kelas jauhnya terletak di petalangan atau kawasan kebun warga yang disebut Talang Lampung desa setempat. Jarak sekolah induk dengan kelas jauh lebih lima kilometer.

Kondisi ruang kelas jauh SD 062 yang masih berlantai tanah

Saat mendatangi sekolah itu belum lama ini, sahabatrakyat.com berkesempatan memotret aktivitas belajar di sana, sekaligus melihat kondisi sekolah, terutama bangunan fisiknya.

Menurut warga setempat, SDN 062 sudah berdiri sekitar 10 tahun terakhir. Sejak didirikan, bangunan sekolah sudah pernah mengalami kerusakan di sana-sini, terutama atap dan dinding bangunan. Kerusakan itu diperbaiki oleh warga yang juga walimurid secara swadaya.

Dinding ruang kelas SD 062 yang berlubang-lubang

“Dulu kalau hujan bocor,” ujar Julian Saputra, siswa kelas 4. “Alhamdulillah berkat swadaya dan gotong royong dari wali murid dan pihak sekolah atap yang bocor sudah diperbaiki,” katanya.

Di SDN 062 sendiri jumlah guru yang mengabdi ada 4 orang. Hanya seorang yang berstatus PNS.

Berbeda dengan kondisi kelas jauh SDN 062. Ruang-ruang kelas masih berlantai tanah; dinding berlubang-lubang; atap bocor. Kala hujan turun, ruang belajar menjadi basah karena tampias air hujan dari dinding-dinding yang berlubang.

SD 062 kelas induk

Sella, siswa kelas 6, mengatakan, meski dengan sarana dan prasarana apa adanya mereka dapat menerima dengan baik apa yang diberikan oleh guru. “Kadang siswa/siswi dipulangkan lebih awal disebabkan ruang belajarnya basah akibat tampiasan air hujan,” katanya.

“Sekolahan ini hampir 10 tahunan berdiri, kapan sekolah ini dapat diperhatikan sama yang di atas, seingat saya sudah puluhan orang yang tamat dari SDN ini,” jelas seorang wali murid.

Kepala Desa Kinal Jaya Sarwandoyo, saat dikonfirmasi sahabatrakyat.com (17/4/2018) melalui seluler mengatakan dari tahun 2008 sekolahan itu sudah ada.

SD 062 Desa Kinal Jaya

“Kalau yang kelas jauh kita belum pernah mengusulkan minta bantu, tetapi kalau sekolah induknya sudah sering kita usulkan,” ujarnya.

“Yang jelas kami menginginkan sekali minta dibangun, kondisi SDN 062 sekarang sudah sangat memprihatinkan. Mungkin SD di desa lain tidak ada lagi yang seperti di desa ini,” tandasnya.


Laporan: MS Firman

Editor: Jean Freire

 

 

 

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts