PAD-Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti dalam arahan dan sambutannya menyampaikan bahwa dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah./ist

BENGKULU- Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti meminta agar dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pajak dan retribusi daerah harus dilakukan secara bijak.

Hal ini disampiakan pada Kegiatan Rakor Terpadu Bidang Pendapatan yang digelar di Aula Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Bengkulu, Selasa (17/7/2018).

Ia menjelaskan, dalam rencana peningkatan PAD harus juga difikirkan secara matang, jangan sampai untuk meningkatakan pendapatan daerah mengakibatkan investasi menjadi menurun atau bahkan membuat investor kabur alias lari.

“Kita berharap pendapatan asli daerah meningkat, investasi pun tetap harus meningkat, karena salah satu sumber pendapatan asli daerah, pajak dan retribusi daerah adalah dari dunia usaha ini yang paling potensial,” jelas dia.

Nopian Andusti juga menambahkan beberapa kendala yang dihadapi adalah meningkatkan tarif dan mengembalikan sumber PAD, tetapi disisi lain hal tersebut akan berdampak kepada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan, akan berdampak kepada investasi akan berdampak kepada penyerapan tenaga kerja.

Nopian Andusti juga menyoroti akibat regulasi yang belum di atur banyak aset yang yang tidak termanfaatkan dengan baik seperti Gedung Balai Buntar, Taman Budaya serta Mess Pemda. Padahal setiap minggu gedung biasa dipakai untuk acara pernikahan.

“Disatu sisi gedung kita banyak tapi terbengkalai, ini sumber PAD yang luar biasa jika kita manfaatkan,” terang Nopian Andusti.

Tampak hadir dalam Rakor Terpadu Bidang Pendapatan ini Kepala BPKAD Heru Susanto, Direktur Utama Bank Bengkulu Agusalim, OPD Provinsi Bengkulu, kepala BUMD serta tamu undangan lainnya.


Editor: Jean Freire