Provinsi Bengkulu yang diwakili PKK Bengkulu Tengah raih juara III Loma Cipat Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman tingkat nasional/ft Media Center Pemprov Bengkulu

BENGKULU, sahabatrakyat.com–  Provinsi Bengkulu raih juara III Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat nasional. Adapun juara I diraih Jawa Timur dan juara II Jawa Tengah.

Lomba yang digelar di Kodam XII Tanjung Pura Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat ini merupakan salah satu rangkaian acara memperingati Hari Pangan se-Dunia ke-37 tahun 2017.
Dalam lomba yang diwakili tim penggerak PKK Kabupaten Bengkulu Tengah ini, Provinsi Bengkulu menyajikan menu makan pagi Sirenggung Bukit Rimbo Pengadang berbahan utama jagung, daging ayam, kacang merah, telur dan wortel, selanjutnya abon jantung pisang, jus Sirsak Jambu Biji dan susu sapi segar.
Untuk menu makan siang, tim penggerak PKK Bengkulu Tengah yang merupakan juara tingkat provinsi tahun 2016 ini menyajikan Nasi Kamer berbahan Talas Sawut dan Kacang Merah. Selain itu ada menu Nacang Udang Sungai Suci,  Dendeng Jamur Gerigit,  dan minuman Buah Undak Kalamansi dengan selingan Lemang Keladi isi Ayam.
Sedangkan menu makan malam, tim dari Provinsi Bengkulu menyajikan Nasi Panggang Putri Rindang Bulan, Dol Lele Berdendang,  Orak Arik Bukis Fatmawati, Peluru Benteng Marlborough dan Puding Jeruk Gerga.
Kontingen Bengkulu di Lomba Cipta Menu Tingkat Nasional/foto Media Center Pemprov Bengkulu

Dikatakan Ketua Tim Juri Drajat Mardianto,  selain resep dan  menu makanan,  peranan pemerintah daerah dalam pengembangan diversifikasi pangan menjadi salah satu point dalam penilaian lomba.
“Program diversifikasi pangan bukan hanya sekedar lomba, tapi berakhir pada aplikasi di masyarakat maka membutuhkan peranan pemda dalam pengembangannya,” ujarnya.
Drajat Mardianto menambahkan, peranan pemerintah daerah dalam pengembangan diversifikasi pangan tersebut dapat dilihat dari dana yang dialokasikan dalam APBD,  adanya kegiatan penyuluhan dan lomba cipta menu tingkat daerah dan Bengkulu mendapatkan point tertinggi ketiga.
Trophy penghargaan lomba cipta menu B2SA diserahkan Ketua Umum Tim Penggerak PKK pusat Erni Guntarti Kumolo dan diterima langsung Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin. 
Sosialisasikan Pada Masyarakat
Derta Wahyulin berharap, menu yang berhasil menang dalam lomba kali ini dapat disosialisasikan kepada masyarakat sehingga membudayakan pola konsumsi pangan yang beragam,  bergizi,  seimbang dan aman guna mendukung hidup sehat, aktif dan produktif.
“Selamat dan terimakasih kepada Kabupaten Benteng dan yang ikut berperan serta, sehingga Provinsi Bengkulu berhasil menjadi Juara Tiga lomba cipta menu B2SA.  Semoga menu yang menang dalam lomba ini bisa disosialisasikan kepada masyarakat,” tuturnya.
Menteri Amran Sulaiman berfoto di stand Provinsi Bengkulu/foto Media Center Pemprov Bengkulu

Hari pangan sedunia kali ini dibuka Menteri Pertanian Amran Sulaiman yang ditandai dengan pemukulan alat tradisional Suku Dayak Kankuang.
Dalam sambutannya, Menteri Amran Sulaiman mengapresiasi peranan ibu-ibu PKK dalam menjaga kestabilan harga sembako, khususnya cabe dengan gerakan tanam cabe.
Dirinya juga menyampaikan saat ini Indonesia tidak import beras dan jagung lagi dengan memperbaiki regulasi yang menghambat sektor pertanian.
“Kami bongkar regulasi yang menghambat pertanian. Kami melihat salah satu bukti, hanya satu tahun melakukan akselerasi untuk jagung, itu langsung swasembada. Impor yang awalnya 3,6 juta ton, hari ini nol,” ujarnya.
Pada peringatan hari pangan sedunia ini juga digelar pameran produk pertanian dan olahan pangan lokal yang diikuti perwakilan seluruh provinsi se-Indonesia.
Provinsi Bengkulu yang dikomandoi Dinas Ketahanan Pangan, memamerkan hasil pertanian unggulannya seperti Kopi Robusta,  Jahe,  Buah Mangga Bengkulu, Jeruk Gerga dan berbagai produk olahan lainnya.
Hasil pertanian asli Bengkulu tersebut, menyita perhatian para pengunjung pameran tak terkecuali menteri pertanian Amran Sulaiman  yang menyempatkan diri masuk dan berfoto di stand pameran Provinsi Bengkulu yang  Berlatar Bunga Raflesia. (MC)


Editor: JEAN FREIRE