Ilustrasi/foto shutterstock
Ilustrasi/foto shutterstock

DUNIA– Diduga akibat penumpukan gas, sebuah toilet umum di Yulin, China, meledak. Akibatnya, seorang warga tewas dan tujuh lainnya menderita luka-luka sehingga terpaksa dirawat di rumah sakit.

Demikian dikutip dari detikhealt.com, Jumat (6/01/2017) siang. Disebutkan, ledakan toilet tersebut terjadi beberapa saat setelah pergantian tahun.

Kotoran yang menumpuk di septic tank menyebabkan percampuran gas metana, amonia dan hidrogen sulfida, menghasilkan ledakan yang cukup besar.

Kuras Septic Tank

Menurut pakar, septic tank idealnya dikuras setiap dua tahun sekali. Tidak menguras septic tank menimbulkan risiko penumpukan kotoran yang bisa saja menyebabkan ledakan.

Septic tank yang kepenuhan sangat rawan bocor sehingga mencemari sumur air dan tanah warga. Septic tank yang bocor akan mengalir ke got atau saluran air lalu bermuara ke sungai.

Eko Saputro, Kasubdit Penyehatan Air dan Sanitasi Dasar Dirjen P2PL Kemenkes, menekankan bahwa kotoran yang mencemari sungai dan mata air mengandung banyak bakteri, kuman, dan virus, terutama E coli. Saat mencemari lingkungan, pastinya bisa menimbulkan bahaya kesehatan.

E.coli menjadi salah satu penyebab diare. Menurut data Unicef tahun 2013, ada sekitar 152.000 balita meninggal setiap tahun di Indonesia akibat diare. (**)