Iklan Bupati HUT Lebong 1200 x 483

Parlemen Perempuan Diharapkan Tingkatkan Kualitas Kinerja

Iklan HUT Lebong Purwanto 745 x 300 px
Anggota DPD RI Riri Damayanti dan Darmayanti Lubis bersama Kaukus Perempuan Politik Indonesia Bengkulu/ist

 

BENGKULU- Kaum perempuan diharapkan tidak hanya dapat tampil secara kuantitas dalam kesetaraan gender di dunia politik tetapi juga harus mampu mendorong terhadap peningkatan kualitas kinerjanya.
Hal ini disampaikan Wakil Ketua DPD RI, Darmayanti Lubis saat memberikan keynote speech dengan tema “Perempuan Politik Cerdas & Tangguh, Siap Pesta Demokrasi 2019” dalam acara Pelantikan Pengurus Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) di Hotel Grand Bougenville, Bengkulu.
Darmayanti mengatakan peran perempuan dalam politik di Indonesia saat ini semakin kuat, terlihat makin banyaknya kepala daerah, anggota DPR, bahkan menteri perempuan.
“Tercatat ada delapan perempuan yang duduk sebagai menteri di kabinet saat ini. Jumlah yang cukup meningkat, meski masih kurang,” ujarnya.
Darmayanti menambahkan keterwakilan perempuan dalam politik masih rendah. Pada Pilkada 2017, hanya 44 perempuan yang ikut, baik sebagai calon kepala daerah maupun wakil.
“Faktanya, jumlah ini lebih sedikit karena Pilkada 2017 berlangsung di 101 daerah,” jelas senator asal Sumatera Utara ini.
Anggota DPD RI Dapil Sumatera Utara dan Bengkulu/ist
Lebih lanjut Darmayanti menambahkan, momentum Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 akan menjadi ajang pertarungan sekaligus tantangan bagi perempuan Indonesia. Semakin banyak perempuan yang maju dalam kancah perpolitikan, mulai dari level kabupaten, kota, hingga legislatif harus diakomodasi.
“Meski sejauh ini paradigma masyarakat terhadap parlemen masih negatif karena banyaknya kasus, namun dengan semakin banyaknya partai politik yang memperjuangkan porsi perempuan di kancah politik pada 2018 dan 2019, saya yakin akan memicu optimisme untuk perbaikan citra parlemen di Indonesia,” harapnya.
Menurutnya, kepercayaan kepada politisi perempuan, kian meningkat dengan semakin banyaknya perempuan berprestasi dalam dunia politik.
“Saat ini, perempuan sudah berada dalam masa modern. Partisipasi perempuan dalam politik jauh lebih banyak ketimbang masa tradisional,” tambahnya.
Untuk itu Darmayanti berharap KPPI dapat membangun kepercayaan sehingga masyarakat akan memberikan apresiasi kepada perempuan dikancah politik. Hal ini merupakan tantangan bagi KPPI.
“Membangun kepercayaan itu tidak mudah. Butuh perjuangan dari KPPI untuk menjawab tantangan itu,” ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama, anggota DPD RI Provinsi Bengkulu, Riri Damayanti John Latief berharap perempuan Indonesia baik yang terlibat dalam kancah politik maupun tidak, dapat mengambil peran dalam pesta demokrasi baik di tingkat daerah maupun nasional.
“Hal ini demi mewujudkan perempuan Bengkulu yang lebih tangguh dan hebat lagi. Sehingga dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa,” ujar Riri.
Sementara itu Ketua KPPI Provinsi Bengkulu, Leni Haryanti John Latief  berharap akan lebih banyak lagi perempuan yang dapat duduk di kursi parlemen. “Kami meminta dukungan agar kami berhasil memperjuangkan aspirasi menambah keterwakilan perempuan di kancah politik di Provinsi Bengkulu ini,” jelasnya. (rls)
_____________
Editor: Jean Freire
Komentar Anda
iklan kibar

Related posts