Iklan Kemendes

Ir Mian & Kisah Sukses Transmigran

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Kabupaten Bengkulu Utara bisa dibilang menjadi salah satu contoh suksesnya program transmigrasi di Indonesia. Tak hanya berhasil mengembangkan wilayahnya menjadi salah satu sentra perkebunan sejumlah komoditas penting, seperti sawit dan karet, di Provinsi Bengkulu. Bengkulu Utara juga mencatat keberhasilan anak-anak bangsa yang lahir dan besar di wilayah transmigrasi. Tak cuma di bidang ekonomi, tetapi juga di bidang lain.

Sebutlah nama I Made Mangku Pastika, gubernur Bali kini. Dia besar di Bengkulu Utara. Sebelum menjadi orang nomor satu di Pulau Dewata, Mangku Pastika adalah salah seorang perwira tinggi Polri dengan pangkat Komisaris Jenderal Polisi.

Kisah sukses anak bangsa yang lahir dan besar di tanah transmigrasi juga ditorehkan Mian, bupati Bengkulu Utara periode 2015-2021. Wakil Bupati BU periode 2010-2015 itu lahir dan besar di tanah transmigrasi. Memang bukan di Bengkulu Utara, melainkan di Sumatera Utara, persisnya di Kisaran, Kabupaten Asahan. Di tanah Batak, Mian mengecap pendidikan SD hingga SLTA-nya.

Mian yang pada 8 April lalu genap berusia 53 tahun lalu melanjutkan pendidikan ke Universitas Bengkulu. Masuk tahun 1985 tanpa tes atau lewat jalur penelusuran minat dan kemampuan, dia diterima di jurusan Agronomi. Hanya dalam tempo 3 tahun 8 bulan, Mian berhasil menyelesaikan studi dan berhak menyandang gelar insinyur pertanian.

Dengan modal ilmu pertaniannya, Mian lalu bekerja sebagai Asisten Afdeling II merangkap Asisten Land Cleaning PT. Pamor Ganda Perkebunan Kakao dan Karet Kecamatan Ketahun.

Berkat kinerjanya yang baik membuat dia dipercaya menjadi Manager Kebun Kakao dan Karet PT. Pamor Ganda Kecamatan Ketahun. Mian juga dipercaya menjabat Site Manager PT. Sumber Windu Kecamatan Kencana Rekan Group Holding Company di Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan.

Tak cuma di Bengkulu Utara, Mian juga pernah menjabat Manager di PT. Jamrud Indah Prima dan CV. Nusa Cendana Proyek Perkebunan Kelapa Sawit di Musi Rawas, Sumatera Selatan.

Karir Politik
Sukses menapak karir di perusahaan perkebunan, Mian pun terjun ke dunia politik. Pemilu Legislatif 2004 menjadi awal kiprahnya. Mian berhasil duduk di kursi parlemen untuk periode 2004-2009. Di DPRD BU, Mian menjabat ketua Badan Legislasi selama dua tahun (2004-2006). Di sisa masa pengabdian, dia lalu dipercaya menjadi ketua Komisi III DPRD BU (2006-2009).

Pada pemilihan kepala daerah tahun 2011, Mian maju menjadi calon wakil bupati mendampingi Imron Rosyadi sebagai calon bupati. Pasangan ini akhirnya terpilih sebagai bupati dan wakil bupati periode 2011-2016.

Pada Pilkada 2015, Mian kembali maju. Kali ini bukan lagi cawabup, tetapi sudah menjadi cabup. Berpasangan dengan Arie Septia Dinata, Mian pun terpilih sebagai bupati BU periode 2010-2015.

Mian juga terlibat dalam sejumlah organisasi. Dia dikenal sebagai tokoh masyarakat jawa di Bengkulu Utara. Mian adalah ketua Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB). Mian juga menjabat Ketua Perhimpunan Anak Transmigrasi Republik Indonesia (PATRI) Provinsi Bengkulu.

Sebagai bupati, Mian tentu ingin membangun BU menjadi lebih maju dan sejahtera dengan visi “Terwujudnya Pemerintahan yang Adil untuk Kesejahteraan Rakyat. Dan dengan misi “Membangun Pemerintahan yang Adil dan Berwibawa, Membangun Insfrastruktur, Membangun Pelayanan Masyarakat, Membangun Ekonomi Kerakyatan, Membangun Sumber Daya Manusia. (adv)

 

===BIODATA SINGKAT===

Nama : Ir. Mian
Tempat Tanggal Lahir : Kisaran, 8 April 1964
Agama : ISLAM
Jabatan Sekarang : Bupati Bengkulu Utara
Alamat Rumah : Jln. Wijaya Kusuma D.1 Ketahun Bengkulu Utara
Alamat Kantor : Jln. Jenderal Sudirman No.01 Arga Makmur Bengkulu Utara
Istri : Eko Kurnia Ningsih
Jabatan : Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkulu Utara
Ketua GOW Kabupaten Bengkulu Utara
Anak : 1. Andaru Pranata, SE
2. Danni Tirta Anggara
3. Andreyan Treasnanda
4. Datri Aprianto

PENDIDIKAN
Sekolah Dasar Negeri (SDN) Asahan – Sumut Tahun 1979
Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Kota Medan – Sumut Tahun 1982
Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Kesatria – Medan Tahun 1985
Sarjana S1 Pertanian – Universitas Bengkulu (Unib) 1989

RIWAYAT ORGANISASI
Ketua Umum Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB) Kabupaten Bengkulu Utara Tahun 2008-sekarang
Penasehat Himpunan Masyarakat Sumatera Utara ( HIMSU ) Propinsi Bengkulu
Penasehat Paguyuban Masyarakat Sunda Kabupaten Bengkulu Utara
Ketua Dewan Pembina Serikat Petani Sawit Mandiri Kabupaten Bengkulu Utara
Ketua Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Bengkulu Utara
Ketua BNN Kabupaten Bengkulu Utara
Ketua Umum Persatuan Anak Tranmigrasi Republik Indonesia ( PATRI ) Propinsi Bengkulu

RIWAYAT PEKERJAAN
Asisten Afdeling II merangkap Asisten Land Cleaning PT. Pamor Ganda Perkebunan Kakao dan Karet Kecamatan Ketahun
Manager Kebun Kakao dan Karet PT. Pamor Ganda Kecamatan Ketahun
Sit Manager PT. Sumber Windu Kecamatan Kencana Rekan Group Holding Company di Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan.
Manager di PT. Jamrud Indah Prima dan CV. Nusa Cendana Proyek Perkebunan Kelapa Sawit di Musi Rawas Sumatera Selatan.
Ketua Komisi III Periode 2006-2009
Anggota Himpunan Masyarakat Peduli Tranmigrasi Propinsi Bengkulu
Ketua Badan Legislasi DPRD Kabupaten Bengkulu Utara Periode 2004-2006.
Wakil Bupati Bengkulu Utara Periode 2011- 2015
Bupati Bengkulu Utara Periode 2016-2021

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Mengikuti Temu karya dan Latihan Dasar Kepemimpinan ( KMAPBS ) tingkat nasional angkatan pertama, tanggal 13-17 September di TMII Jakarta.
Mengikuti Pendidikan LEMHANNAS program Reguler Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Juni – September Tahun 2011.
Mengikuti Diklat Orientasi Kepemimpinan Daerah Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota Tingkat Nasional April – Mei 2013.

 

===============

Penulis: MS Firman

Editor: Jean Freire

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts