Iklan Kemendes

Tiba-Tiba di Lebong, Padahal Sepekan Terakhir Gempa Intens di Wilayah Timur

LEBONG, sahabatrakyat.com– Meski Bengkulu menjadi wilayah rawan gempa, namun kapan bencana alam ini datang melanda memang tak bisa atau belum bisa dipastikan.

Lihatlah data Badan Meteorologi dan Goefisika (BKG) di www.bmkg.go.id. Peristiwa gempa bumi yang berhasil direkam seperti meloncat dari satu wilayah ke daerah lain.

Bagi warga Bumi Swarang Patang Stumang, gempa bumi magnitude jelang azan subuh Rabu (06/12/2017) pagi sungguh mengejutkan. Bagaimana tidak, bila biasanya gempa di Bengkulu berpusat di Mukomuko, Bengkulu Utara atau Kota Bengkulu, kali ini pusat gempa memang di Lebong.

BMKG mencatat, pusat gempa bumi berkekuatan rata-rata ada di atas 5,0 SR dan kedalaman 10 km selama sepekan terakhir sebelum Lebong ada di sejumlah wilayah Timur Indonesia: Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara; Kupang, NTT; Ambon, Maluku; hingga Sigi, Sulawesi Tengah.

Sementara untuk wilayah Provinsi Bengkulu, gempa terakhir tercatat pada tanggal 26 September 2017 di Barat Daya Bengkulu dan pada 25 September 2017 yang berpusat di Bengkulu Utara. 

Selain lokasi yang acak, waktu kejadian juga tak menentu. Gempa bisa mengguncang kapan saja: malam, siang, atau bahkan di pagi buta seperti di Lebong yang tercatat di pukul 03:46:29 WIB.


Penulis: Jean Freire

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts