Iklan KPU Kota Bengkulu 1

Satu-Satunya di Bengkulu, Ogoh-Ogoh Jadi Even Wisata Bengkulu Utara

Iklan HUT Lebong Purwanto 745 x 300 px
Bupati Mian saat melepas peserta festival

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Festival Ogoh-Ogoh di Desa Rama Agung, Kecamatan Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, bakal menjadi salah satu even wisata unggulan Bengkulu Utara.

Tahun ini, Festival Ogoh-Ogoh diikuti lima banjar, yakni Banjar Sari Ayu Sumber Agung, Banjar Tirte Teg-Teg Sumber Agung, Banjar Puncak Harapan Tanjung Raman, Banjar Dharma Shanti Rama Agung, dan Banjar Adat Kuro Tidur.

Bupati Mian saat menyampaikan sambutan sebelum membuka secara resmi Festival Ogoh-ogoh

Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian menyatakan, Bengkulu Utara merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Bengkulu yang warganya memiliki agenda tahunan ini.

Karena itu, Bupati Mian bertekad mulai tahun depan acara tahunan dalam rangka hari raya Nyepi umat Hindu ini bisa digelar lebih meriah dengan melibatkan peserta dari luar daerah.

Bupati Mian dan Wabup Arie Septia Adinata bersama-sama menghadiri Festival Ogoh-ogoh

“Kita sudah diskusi kecil bersama. Mudah-mudahan tahun depan kita lebih tingkatkan festival ini. Sudah di-SK-kan Bupati termasuk menjadi even wisata Kabupaten Bengkulu Utara,” kata Bupati Mian.

“Untuk tahun depan kita akan agendakan skala yang lebih luas, mudah-mudahan utusan dari kabupaten lain bisa hadir sehingga menjadi even berskala provinsi ada di BU, Ogoh-ogoh satu-satunya festival yang ada di Bengkulu Utara,” jelas Mian yang membuka Festival Ogoh-ogoh di Pura Dharma Yatra di Desa Rama Agung, Kecamatan Arga Makmur, Kamis (15/3/2018).

Bupati Mian mengatakan, sudah menjadi tekad Pemkab Bengkulu Utara untuk menjadikan keberagaman budaya, suku, dan agama di bumi Ratu Samban sebagai kekuatan bersama.

Menurut Bupati, dalam memfasilitasi masyarakat umat Hindu, Pemkab BU tidak berbicara soal minoritas tetapi kebersamaan.

Desa Rama Agung adalah pilot project Desa Kerukunan Umat Beragama terbaik di Provinsi Bengkulu. Desa ini adalah Kampung Kerukunan Umat Beragama yang telah di-SK-kan oleh Kanwil Kementerian Agama.

Bupati Mian saat tiba di Pura Dharma Yatra

“Ini sebagai aset budaya pemerintah daerah yang harus dipertahankan dan dibesarkan secara berkesinambungan, berinteraksi dengan kebudayaan-kebudayaan lain. Ini suatu tonggak, suatu terobosan awal mengarah yang lebih luas untuk di masa mendatang,” kata Bupati Mian. (MS. Firman/ ADV)


 

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts

Iklan KPU Kota Bengkulu 2