Direktur PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong, Drs. Sofian Razik
Direktur PDAM Tirta Tebo Emas Kabupaten Lebong, Drs. Sofian Razik

LEBONG, sahabatrakyat.com- Pelayanan air bersih PDAM dari bak penampungan di Air Koprasi bagi warga di Kecamatan Lebong Utara, kini terhenti. Pasalnya, pipa induk air PAM yang ada di Desa Tunggang, pecah setelah dilindas alat berat rekanan Dinas PU yang tengah mengerjakan proyek pelebaran jalan Tungang-Pasar Muara Aman.

Pecahnya pipa itu membuat air tumpah di sekitar lokasi kejadian. PDAM kini tengah berupaya mengatasi masalah agar air dapat segera disalurkan kembali ke rumah-rumah pelanggan. Diperkirakan masa perbaikan itu akan berlangsung satu-dua hari ke depan.

“Kejadain ini sudah kita sampaikan kepada Dinas PU dan kita tengah mencari solusi agar pipa yang pecah ini bisa segera diperbaiki sehingga debit air ke rumah-rumah pelanggan bisa kembali lancar, ” ujar Direktur PDAM Tirto Tebo Emas Drs. Sopian Razik, S.Sos yang langsung turun ke lapangan.

Tak Sengaja

Seketaris Dinas PU Lebong Ferdinand Agustian, ST mengatakan, pecahnya pipa itu tidak disengaja. Alat berat yang mengerjakan proyek pelebaran jalan ternyata melindas pipa yang mengakibatkan pipa tersebut pecah. Pihaknya akan bekerjasama dengan PDAM untuk mencari solusi agar kerusakan tersebut bisa segera diperbaiki.

“Kita juga sudah berkoordinsi dengan pihak PDAM, untuk ke depan pipa induk PDAM ini dipindahkan. Kemungkinan pemindahan pipa ini baru dilakukan pada tahun 2017. Untuk saat ini kita akan meminta petugas PDAM mendampingi operator alat berat pada saat bekerja sehingga kejadian yang sama tidak terulang lagi,” katanya. (cw3)