ANDRIADI ACHMAD Daftar Bacagub Bengkulu 2020

Andriadi Achmad

BENGKULU, sahabatrakyat.com-Pengamat Politik Nasional dari Tanah Rejang, Andriadi Achmad, berencana ikut mendaftar penjaringan partai politik untuk posisi bakal Calon Gubernur Provinsi Bengkulu periode 2020-2025 yang akan bertarung dalam pilkada September 2020 nanti.

Diketahui saat ini beberapa parpol seperti PDIP dan Golkar memang sudah membuka pendaftaran penjaringan bakal calon Gubernur provinsi Bengkulu, sedangkan PKS secara serentak se-provinsi Bengkulu membuka pendaftaran penjaringan mulai 15 Oktober 2019. Begitu juga beberapa parpol lain akan segera membuka pendaftaran.

“Saya didorong temen-temen dan merasa terpanggil kembali ke daerah untuk berbakti kepada tanah kelahiran. Semangat muda dan mewakili kaum muda milenial, bismillah saya akan mencoba ikut dalam kontestasi pilkada provinsi Bengkulu 2020 mendatang,” ungkap tokoh muda nasional asal suku Rejang ini, Senin (7/10/2019) pagi.

Secara jejak rekam, Andriadi Achmad telah lama muncul di Bengkulu maupun nasional sebagai aktifis gerakan mahasiswa Indonesia, akademisi, penulis dan tokoh politik muda.

Ia pernah di posisi Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Rafflesia Bengkulu (HIMPERAB) Se-Sumatera Barat Periode 2005-2007, Ketua BEM KM Universitas Andalas, Ketua Organisasi Mahasiswa tingkat Nasional (ILMIBSI, MAHGANA Se-Indonesia), Dosen FISIP UPN Veteran Jakarta serta beberapa kampus di Jakarta dan sekitarnya.

Andriadi juga pernah staf ahli MPR /DPR / DPD RI sejak 2008 – 2009 (Komisi II DPR RI), 2009 – 2014 (Komisi I DPR RI), Periode 2014 –   2019 (Komite I DPD RI). Bahkan pernah menjadi Caleg DPR RI periode 2014-2019 dari PKS nomor urut 2, namun belum berhasil mendapat amanah rakyat untuk duduk sebagai wakil Bengkulu di senayan.

“Pendirian HIMPERAB Se-Sumbar tahun 2005, saat itu kita deklarasikan di kota Bengkulu. Dihadiri temen-temen aktifis mahasiswa di Bengkulu. Kemudian sudah lama saya kerapkali menulis di rubrik Opini koran Rakyat Bengkulu, Bengkulu Ekpress dan lainnya. Saat menjadi staf ahli DPR RI dan Caleg DPR RI tahun 2014 saya sangat intens berada bersama masyarakat Bengkulu,”  kenang Andriadi menceritakan kehadirannya di Bengkulu.

Sebagai salah satu tokoh muda masa depan Bengkulu khususnya dan Indonesia umumnya, Andriadi bisa dibilang sangat potensial untuk maju sebagai Bakal Calon Gubernur Provinsi Bengkulu Periode 2020-2025.

Secara umur Andriadi Achmad berusia masih sangat muda yaitu 38 tahun saat Pilkada 2020 mendatang. Usia yang tak terpaut jauh dengan beberapa kandidat yang diprediksi maju ke pentas Pilkada 2020 seperti Rohidin Mersyah (50 tahun), Rosjonsyah (56 tahun), Ferry Ramli (56 tahun), Ichwan Yunus (80 tahun), Supratman (58 tahun), Imron Rosyadi (59 tahun), Patrice Rio Capella (51 tahun), Agusrin M. Najamuddin (51 tahun), Suherman (66 tahun), Helmi Hasan (41 tahun), Kopli Ansori (39 tahun), dan tokoh-tokoh lainnya.

“Dari tokoh-tokoh yang diprediksi akan maju di Pilkada Bengkulu 2020, semua senior dan saya termasuk paling muda dan mewakili kaum muda milenial. Ada Helmi Hasan dan Kopli Ansori juga tergolong masih muda, karena berasal dari Partai yang sama, tentu ada salah satu akan maju. Biasanya sejarah selalu berulang. Pilkada langsung perdana tahun 2005, dimenangkan Agusrin M. Najamuddin (36 tahun) dan H.M. Syamlan (36 tahun). Semoga terulang kembali di pilkada langsung Provinsi Bengkulu tahun 2020.” Demikian tutup penulis buku Politik Kesukuan Dalam Pilkada ini.


Pewarta: Jean Freire