Lebong Membangun

LEBONG – Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi menyampaikan langsung Rencana Pembanguan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk disahkan menjadi Perda dalam Rapat Paripurna yang dilaksanakan di Gedung Paripurna DPRD Lebong Senin (1/8) kemarin. Perda RPJMD ini sendiri nantinya akan menjadi landasan penyusunan program selama 5 tahun kedepan.

Terdapat 5 misi dan 16 program unggulan yang disampaikan. Misi pertama yakni mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas yang ditunjang dengan 5 program unggulan, masing-masing Lebong bebas buta huruf Hijayah jejang pendidikan Dasar. Lebong bebas Drop Out (DO) pendidikan dasar dan pengembangan sekolah unggulan, Lebong akan memberikan beasiswa 150 sarjana berprestasi dan Lebong berprestasi dalam olahraga.

Misi kedua, mewujudkan sarana dan prasarana infrastruktur dan aksebilitas pelayanan publik yang baik. Dimana untuk mewujudkan hal tersebut program yang disiapkan yaitu Lebong berhotmix dan bebas banjir, Lebong bebas krisis air bersih dan Lebong terang.

Misi ketiga yaitu mewujudkan tata kelola pemerintah yang berbasis IPTEK ditunjang dengan program unggulan yaitu Lebong pemerintahan berbasis lnformasi teknologi (IT).

Misi keempat mewujudkan pengelolaan sumber daya alam dan komoditi unggulan yang berdaya saing serta berwawasan lingkungan. Yang ditunjang dengan 5 program unggulan masing-masing Lebong pusat budaya dan destinasi wisata. Lebong akan melakukan cetak sawah baru 2500 hektar. Lebong Lumbung pangan dan energi. Lebong akan melakukan pembentukan BUMD.

Dan misi terakhir mewujudkan tingkat kualitas hidup masyarakat yang lebih baik. Yang ditunjang dengan 3 program unggulan, Lebong bebas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Lebong memiliki 100 UKM dan IKM produktif. Lebong sehat bebas gizi buruk, jemput sakit pulang sehat.

“Kami harapkan RPJMD ini dapat segera dibahas oleh pihak legislatif dan dapat disahkan menjadi Perda. Perda RPJMD ini nantinya akan menjadi acuan pembangunan Kabupaten Lebong selama lima tahun ke depan, ” kata Rosjonsyah.(cw3)