previous arrow
next arrow
Slider

Desa Rama Agung; Kembangkan Wisata Religi, Merawat Toleransi

Tempat-tempat ibadah di Desa Rama Agung/MS Firman

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Desa Rama Agung, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, menjadi satu-satunya desa di Provinsi Bengkulu yang dinobatkan menjadi  Desa Terpadu Persatuan Umat Beragama tingkat nasional oleh Kementerian Agama RI. Keharmonisan dan keberagaman umat beragama yang ada di desa ini tak terlepas dari sikap warganya yang terus menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi.

Dari keberagaman latar sosial, budaya serta agama tersebut, pemerintah desa setempat menggagas penggembangan wisata religi. Selain mempertahankan apa yang sudah dibangun, ini diharapkan mampu menarik wisatawan berkunjung ke wilayah yang berada di pusat kota kabupaten.

Kepala Desa Rama Agung, Putu Suriade mengungkapkan, dalam program inovasi desa yang digagas pemerintah pusat, pihaknya menggembangkan wisata religi sebagai satu-satunya tujuan yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. Dengan adanya wisata religi diharapkan mampu menumbuhkan nilai-nilai toleransi antar umat beragama.

Area yang akan dijadikan tempat wisata religi/MS Firman

Untuk mendukung program itu, pemerintah desa membangun miniatur rumah atau tempat ibadah yang didukung pula dengan penggembangan wisata alam seperti flaying fox, taman bermain anak dan tubbing.

Menurut Kepala Badan Permusyawarahan Desa Rama Agung, NG Deres, pembangunan wisata religi dan wisata alam merupakan bentuk komitmen masyarakat dalam menjunjung tinggi nilai-nilai budaya luhur bangsa. Sebab Rama Agung merupakan desa yang dihuni oleh anak-anak bangsa dengan latar belakang agama dan budaya yang beragam.

Dari data warga desa tercatat jumlah penganut agama Islam sebanyak 894 jiwa, Hindu 712 jiwa , Budha 52 jiwa, Kristen Protestan 847 dan Katholik 102 jiwa. Toleransi merupakan satu-satunya cara yang tetap dijaga dan dijunjung tinggi agar keharmonisan terus tercipta.

Senada dengan NG Deres, Ketua Karang Taruna Yonas Wahyudi berkeyakinan penggembangan wisata religi akan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Selain membuka lapangan pekerjaan, pembangunan yang akan dilakukan dapat membuka peluang usaha baru bagi warga, khususnya para pemuda.

Foto bersama kepala desa dan ketua adat/MS Firman

Terpisah, Camat Kota Arga Makmur, Sri Dasa Utama, menegaskan, penggembangan wisata religi di Desa Rama Agung merupakan bukti tingginya nilai-nilai toleransi masyarakat setempat. Wisata religi dapat memberikan pembelajaran tenggang rasa umat beragama yang baik kepada masyarakat luas. Hal ini terlihat pada sejumlah tempat ibadah seperti masjid, pura dan gereja yang dibangun secara berdampingan.

Sri Dasa meyakini wisata religi dan wisata alam yang dikembangkan Desa Rama Agung akan memberikan efek positif bagi masyarakat, pelaku usaha kecil dan menengah desa setempat.


Penulis: MS Firman

Editor: Jean Freire

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts