Kantor Bank indonesia Bengkulu/www.antarabengkulu.com

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu terus menunjukkan komitmennya mendorong kemajuan ekonomi di daerah ini, khususnya di Kota Bengkulu.
Tak hanya membimbing kelompok binaan, BI juga berupaya memfasilitasi akses pemasaran bagi pelaku usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) agar produk unggulan Bengkulu bisa dikenal luas.
Seiring dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, BI bekerja sama dengan Pemprov Bengkulu menggandeng salah satu pelaku bisnis model online yang sudah berpengalaman, yakni Tokopedia.
Melalui Sosialisasi Pemanfaatan Online Marketing untuk Meningkatkan Akses Pasar UMKM Bersama Tokopedia, setidaknya ada 130 UMKM yang bakal memasarkan produknya di Tokopedia.
Melalui Tokopedia, produk unggulan seperti souvenir, Batik Besurek, Jeruk Kalamansi, kuliner dan makanan khas Bengkulu lainnya akan dipasarkan ke seluruh penjuru nusantara dan dunia.
Kepala Kantor BI Bengkulu, Endang Kurnia Saputra, mengatakan, digandengnya online market Tokopedia merupakan salah satu program BI dalam mendukung e-comerse.
Dia mengatakan, jika mengandalkan toko fisik maka pangsa pasar yang bisa dijangkau akan sangat terbatas. Sementara biaya operasional seperti sewa tempat atau toko terus meningkat.
Endang mengatakan, untuk meningkatkan pemahaman UMKM terhadap e-comerse, BI juga melibatkan Tokopedia untuk memberikan pelatihan model perdagangan elektronik. “Karena mereka ini salah satu yang terbesar dan terlama sehingga punya komptensi yang bagus,” ujar Endang.
Upaya BI mendorong tumbuhnya UMKM Bengkulu, kata Endang, ditujukan untuk menjaga pertumbuhan positif perekonomian daerah. Sebab pertumbuhan ekonomi rentan mengalami perlambatan.
Apalagi, kata dia, penopang terbesar perekonomian Bengklu bersumber dari sektor belanja pemerintah daerah. Itu sebabnya jika belanja daerah rendah atau melambat, maka perekonomian juga ikut melambat.
“Sehingga solusinya adalah meningkatkan porsi sumber ekonomi lan untuk menopang perekonomian daerah melalui bisnis UMKM,” tandas Endang. (cw5)
 


Editor: JEAN FREIRE