(Editorial) Potensi Caci Upeti di Bisnis Ilegal BBM Subsidi di SPBU

Motor mati fungsi yang dimodifikasi tangkinya untuk isi BBM berkali-kali/dok

LEBONG, sahabatrakyat.com- Seperti bisnis ilegal minuman keras jenis tuak yang diungkap Polsek Lebong Tengah beberapa waktu lalu yang bisa capai milyaran rupiah, potensi caci alias duit di bisnis ilegal isi BBM subsidi berkali-kali yang baru-baru ini ditindak Polres Lebong juga tak kalah menggiurkan.

Mari kita hitung. Dalam sekali mengisi pemilik motor modifikasi setor upeti ke oknum petugas SPBU Rp 5.000- Rp 10.000. Kita ambil nilai terendah saja Rp 5000.

Dalam sehari misalnya pemilik motor dapat jatah dua kali. Jadi sehari mereka setor Rp 10.000. Jumlah motor modifikasi 37 unit sebagaimana jumlah yang diamankan polisi.

SPBU buka setiap hari. Jadi ada tujuh hari dalam satu pekan dan 30 hari dalam sebulan. Maka potensi upeti yang bisa diraup dari praktik ini bisa tembus Rp 77 juta lebih. Wow!!

Polisi kini masih mendalami perkara ini. Apakah jumlah rupiah yang potensial itu hanya dinikmati oknum petugas SPBU? Atau ada unsur konspirasi bisnis yang lebih luas, kita tentu menunggu hasil penyelidikannya.


Penulis: Jean Freire