previous arrow
next arrow
Slider

Ormas FPR Ingatkan Jangan Ada Pungli di Lokasi Wisata

Rustam Ependi

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Jumlah pengunjung di lokasi wisata dipastikan melonjak setiap kali musim libur apalagi di momen lebaran Idul Fitri. Fenomena ini tak jarang pula menjadi ajang mencari keuntungan pribadi oknum yang tak bertanggung jawab, misalnya dari retribusi parkir.

Ketua Front Pembela Rakyat (FPR) Rustam Ependi mengingatkan agar pemerintah daerah atau pengelola objek wisata bisa memastikan celah pungutan liar dengan dalih parkir itu bisa diantisipasi dan dicegah.

“Apapun pungutan yang tidak ada dasar hukumnya, yang tidak sesuai perda atau peraturan yang berlaku, baik hari lebaran atau pun tidak, ada tiket maupun parkir yang naik, sudah masuk dalam kategori pungutan liar,” kata Rustam Ependi, Selasa (4/6/2019).

Rustam mengatakan, pencegahan praktik pungli dengan dalih parkir atau lainnya di lokasi wisata itu penting diindahkan dalam rangka memberi rasa nyaman bagi pengunjung atau wisatawan. Apalagi Bengkulu tengah giat-giatnya mempromosikan wisatanya dengan Wonderful Bengkulu 2020.

Sebagai organisasi masyarakat, kata Rustam, FPR sendiri akan melakukan pengawasan dan pemantauan di lapangan. “Apabila terdapat praktik pungutan liar dan kita memiliki bukti yang kuat, akan kita respon dan tindak lanjuti,” tegasnya.

Selain mencegah praktik pungli, lanjut Rustam, promosi Wonderful Bengkulu 2020 juga harus diikuti oleh peningkatan pelayanan lainnya, seperti kebersihan lokasi wisata dan sikap pengelola kawasan wisata terhadap pengunjung.

“Kita harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengunjung wisata, dengan tetap menjaga kenyamanan, kesopanan, kebersihan dan tentunya tidak ada pungutan yang tidak sesuai dengan Perda maupun Perbup,” kata Rustam.


Penulis: Halian Sahri

 

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts