Tak Lagi ke Curup, Masyarakat Lebong Bisa Bikin NPWP di Muara Aman

Mawad Sri Basoeki/Gambar: laman Facebook Mawad Sri Basoeki
Mawad Sri Basoeki/Gambar: laman Facebook Mawad Sri Basoeki

LEBONG, sahabatrakyat.com Kabar gembira untuk masyarakat Kabupaten Lebong. Bagi yang mau mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP, kini tak perlu pergi ke Curup. Sebab KPP Pratama Curup sudah membuka layanan Pojok Pajak setiap Rabu dan Kamis di Bank Bengkulu Cabang Muara Aman.

“KPP Pratama Curup memahami bahwa jarak antara Curup dengan wilayah Kabupaten Lebong seringkali menjadi kendala bagi masyarakat untuk memperoleh layanan kami,” ungkap Mawad Sri Basoeki, Plt Kepala KPP Pratama Curup dalam rilisnya ke sahabatrakyat.com

Kebutuhan untuk mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) semakin dirasakan oleh masyarakat di berbagai daerah, termasuk masyarakat Kabupaten Lebong. Beragam alasan menjadi penyebabnya. Untuk mengurus perijinan usaha maupun untuk syarat pengajuan kredit ke bank misalnya.

Selama ini masyarakat Kabupaten Lebong, mengalami kesulitan untuk memperoleh NPWP karena mereka harus menempuh perjalanan dua jam lebih ke Kota Curup.

Umum diketahui, pengajuan ijin usaha selain mensyaratkan NPWP juga mensyaratkan pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan selama dua tahun terakhir. Banyak masyarakat di Lebong yang terkendala karenanya.

Sudah punya NPWP tapi NPWP belum valid. Untuk mengatasinya, masyarakat dininta melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan dua tahun terakhir. Untuk lapor SPT Tahunan mesti datang ke Curup, demikian pemikiran sebagian masyarakat di Lebong.

Kini, semua persoalan masyarakat umum di Kabupaten Lebong terkait perpajakan secara perlahan akan coba diurai melalui Pojok Pajak di Muara Aman.

“Yang selama ini masyarakat yang mau bikin NPWP mesti ke Curup, kini cukup ke Muara Aman,” sambung Mawad.

Selain pembuatan NPWP, Pojok Pajak di Muara Aman juga melayani hampir semua jenis layanan perpajakan, seperti konsultasi masalah perpajakan secara umum, pembuatan kode billing, pembuatan eFIN, asistensi pengisian SPT Tahunan dan layanan lainnya.

Mawad berharap, pembukaan Pojok Pajak di Muara Aman akan mempermudah masyarakat memperoleh akses layanan perpajakan yang pads gilirsnnya akan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam pelaksanaan kewajiban perpajakan.


Editor: Jean Freire