Gagal Taklukkan Tanjakan Talang Ulu, Truk Material Terbalik

Truk yang terbalik dan pasir yang tumpah menutup badan jalan/Foto: Aka Budiman

LEBONG, sahabatrakyat.com- Tanjakan Talang Ulu di Desa Talang Ulu, Kecamatan Lebong Utara yang dikenal rawan kecelakaan kembali makan korban. Satu unit dum truk terbalik setelah gagal menaklukkan jalan menanjak dan menikung ke kiri itu.

Peristiwa kecelakaan yang menimpa truk warna kuning pengangkut material pasir untuk proyek pembangunan rumah susun Pemda Lebong itu terjadi Senin siang (17/6/2019). Truk yang dikemudikan Wahyu Gatra (38 tahun) sempat merangkak sebelum hilang tenaga dan mundur hingga akhirnya terguling.

Arus lalu lintas sempat macet. Kendaraan terpaksa antri melewati tanjakan dari jalur lainnya/Foto: Aka Budiman

Akibat lakalantas itu arus lalu lintas sempat macet karena truk dengan nomor polisi BD 8884 AQ beserta pasir yang dibawa menutup badan jalan. Arus kendaraan terpaksa diarahkan satu lajur, yakni jalan sisi kanan dari arah Pasar Muara Aman-Tanjung Agung.

Kepada sahabatrakyat.com, Wahyu menuturkan dum truk yang dia kemudikan itu mengalami pecah kaca di bagian kiri dan mengeluarkan air radiator.

Kata Wahyu, truk bermuatan 10 ton material pasir dan batu kecil itu tidak dapat menanjak dan akhirnya mundur.

Karena banyak kendaraan lain yang ada di belakangnya, supir memutar stir ke arah kiri dan membenturkan ke semen pembatas hingga terbalik.

“Kalau tidak banting ke kiri kendaraan di bawah kena semua,” ujar pria asal Desa Talang Rimbo, Rejang Lebong itu.

Maksimal 8 ton

Sementara itu, Kabid Perhubungan PUPR Lebong Ummi Haidar Rambe mengatakan, jalan tanjakan itu idealnya hanya membawa bobot sebanyak 8 ton.

Ummi Haidar Rambe

Ke depan, lanjutnya, akan dipasang rambu-rambu agar dapat diketahui pengendara karena sudah sering terjadi kecelakaan di tanjakan itu.

“Nanti kita usulkan rambu-rambunya,” tandasnya.


Laporan: Aka Budiman dan Sumitra Naibaho