previous arrow
next arrow
Slider

Generasi Milenial, Paling Dominan Menjadi Korban Kecelakaan Lalu Lintas

Pembukaan Milenial Festival Road Safety 2019 di Sport Center/Rivaldo

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Generasi milenial adalah kelompok yang paling rentan bahkan mendominasi dalam data korban kecelakaan lalu lintas. Karena itu, kesadaran dan disiplin dalam berlalu lintas harus ditumbuhkan dan terus ditingkatkan.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, usia produktif kaum milenial yakni 15-38 tahun harus diarahkan ke hal-hal yang jauh lebih bermanfaat dan positif. Jangan sampai malah sia-sia apalagi sampai nyawa melayang di jalan raya.

“Maka melalui Millennial Festival Road Safety kita mengajak pada generasi millennial untuk tertib lalu lintas untuk mencegah insiden kejadian lalu lintas jalan raya karena umur produktif dikalangan pemuda digunakan hal–hal positif untuk membangun masa depan.”

“Maka di situ akan sangat bermanfaat. Maka ajakan saya ayo generasi millennial tertib berlalu-lintas, kembangkan kreativitas, kembangkan terus semangat interprenial-nya hingga betul–betul menjadi harapan bangsa dan daerah ke depan Indonesia,” kata Rohidin dalam sambutannya di Millennial Festival Road Safety, Jumat (8/2/2019) di Sport Center Pantai Panjang, Kota Bengkulu.

Gubernur Rohidin Mersyah

Rohidin mengakui, kecelakaan lalu lintas tidak semata-mata karena human error seperti tingkat disiplin yang rendah. Tapi juga karena faktor lainnya seperti kondisi infrastruktur jalan yang belum mendukung, termasuk ketersediaan sarana dan fasilitas seperti rambu-rambu lalu lintas.

“Tidak hanya human error yang menyebabkan kecelakaan seperti kondisi jalan raya yang tidak terawat, lobang di sana sini. Ini secara bertahap harus diselesaikan dengan baik. Kemudian pemasangan rambu-rambu lalu lintas itu juga sangat penting. Dan kesadaran dari pengguna kendaraan generasi muda, disiplin lalu lintas dan tertib surat yang berhubungan dengan kendaraan,” kata Rohidin kepada awak media sebelum meninggalkan lokasi kegiatan.

Sebelumnya, Kapolda Bengkulu Brigjen. Pol. Supratman, membuka secara resmi Expo Milenial Safety yang akan berlangsung selama tiga hari, tanggal 8 – 10 Februari 2019.

Dalam sambutannya, Supratman menjelaskan, Expo Milenial Safety merupakan agenda nasional. Karena itu jangan dianggap sebagai kegiatan biasa, tapi harus dimaknai sebagai momentum tanggung jawab memupuk jiwa patriotik guna menanamkan kembali nilai-nilai nasionalisme.

“Berkaitan dengan milenial Enterpreunial Expo sasarannya adalah masyarakat generasi melenial berkisar usia 17 – 35 tahun. Sebagaimana diketahui generasi milenial memiliki karakteristik yang cenderung dinamis, individualis dan hidup tidak menyukai aturan,” urai Kapolda.

Kapold Bengkulu Brigjen Pol Supratman

Selain itu, lanjut dia, kaum milenial merupakan pribadi yang menyukai keterbukaan pikiran, memiliki kepercayaan diri yang baik, sangat mampu mengekspresikan perasaan, pribadi yang bebas berkreasi, optimis dan terbuka cara hidup ide – ide. Mahluk sosial dengan kecepatan dan kemudahan alat teknologi,” kata Supratman.

Supratman menambahkan, di even Milenial Enterprenil Expo ini ada sekitar 70 UMKM yang dilibatkan. Mereka terdiri dari berbagai macam produk dalam upaya ikut andil menggerakkan perekonomian.  “Acara ini bertema mewujudkan generasi melenial cinta lalu lintas menuju Indonesia gemilang,” kata Supratman.

Ia menjelaskan, tujuan road  show milenial safety saat ini adalah sebagai berikut:

  1. Terbangunnya budaya tertib lalu lintas khususnya di kalangan generasi milenial;
  2. Terwujudnya program keselamatan terprogram dan berkesinambungan sesuai dengan perkembangan saat ini dan yang akan datang ;
  3. Adanya peningkatan keselamatan di jalan dan menurunkan tingkat korban lakalantas sebagai pengontrol perilaku masyarakat di jalan mendorong ke arah perubahan sistem lalu lintas;
  4. Membentuk relawan lalu lintas milenial Indonesia sebagai bentuk cinta bangsa tertib lalu lintas serta mempererat hubungan Polantas RI dengan generasi milenial.

Lebih lanjut, Supratman mengapresiasi semua pihak atas terselenggaranya berbagai kegiatan Milenial Interprenial Expo 2019 di Bengkulu, baik itu sebagai panitia maupun peserta. “Dan saya berharap bagi semua pihak yang terkait Milenial Interprenial Expo 2019, mari kita dukung dan sukseskan kegiatan ini,” Supratman mengakhiri.


Pewarta: RIVALDO

Editor: Jean Freire

 

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts