Genjot Sektor Pertanian, Tanjung Raman Bangun Jalan Usaha Tani

Jalan Usaha Tani Desa Tanjung Raman/

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Guna menggenjot hasil pertanian dan perkebunan, Pemerintah Desa Tanjung Raman, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara, membangun jalan usaha tani sepanjang 100 meter di dusun 1.

Jalan berupa rabat beton itu dianggarkan melalui dana desa (DD) 2019 tahap II.

Kepala Desa Tanjung Raman Suranto mengatakan pihaknya tengah membangun jalan rabat beton sepanjang 100 meter yang nilai anggarannya sebesar Rp. 57.363.500.

Jalan dengan kelebaran dua meter meter itu diperuntukkan akses jalur usaha tani dan perkebunan.

“Sudah beberapa hari ini mulai pembangunannya. Kami bangun jalan rabat beton itu untuk mendongkrak peningkatan pendapatan masyarakat di bidang pertanian dan perkebunan. Sebab, jalan itu akses utama petani dalam mengangkut hasil bumi, seperti padi dan karet,” kata dia kepada sahabatrakyat.com, di ruang kerjanya, Senin (15/7/2019).

Dibangunnya jalan rabat beton tersebut akses transportasi petani dalam mengangkut hasil bumi akan menjadi lancar. Bahkan, pihaknya berkeyakinan akan meningkatkan nilai jual hasil produksi petani.

“Bila akses transportasinya lancar dan bagus, pasti nilai jualnya akan meningkat. Selama ini petani terkendala di akses jalannya yang masih berupa tanah” ujar dia.

Plt Sekdes Tanjung Raman, Wanto, menambahkan, jalan usaha tani sendiri menjadi program prioritas sebab jalan yang biasa digunakan masyarakat cenderung menyulitkan dan dibangun untuk mempermudah masyarakat untuk melaluinya.

Untuk pertanian Pemerintah Desa TanjungR Raman selalu mendukung petani dan kami berharap petani di Desa Tanjung Raman dapat lebih bersemangat dalam menjalankan aktifitas bertaninya.

“Untuk itu petani harus diberikan kemudahan agar aktifitas mereka selama bertani menjadi lancar,” pungkas Wanto. (ADV/Agus Hariyanto)