Cegah Stunting dengan Perilaku Hidup Bersih & Sehat

Remaja putri Bengkulu Utara saat ikuti sosialisasipencegahan stunting/Foto: sahabatrakyat.com-MS Firman

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Stunting atau tubuh tumbuh kerdil sudah menjadi ancaman nyata bagi generasi penerus bangsa. Salah satu langkah untuk mencegah stunting itu adalah membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Hal itu dikemukakan Kepala Subdit Informasi dan Komunikasi Kesehatan, Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (IKPMK), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Marolli J. Indarto kepada sahabatrakyat.com usai membuka Forum Sosialisasi Generasi Bersih dan Sehat (Genbest) di Arga Makmur, Kamis (17/10/2019).

Kementerian Kominfo sendiri memang menjadi koordinator kampanye nasional penurunan prevalensi stunting dengan menggandeng remaja untuk mengedukasi siswa SMA maupun mahasiswi untuk lebih peduli permasalahan stunting melalui Program Genbest.

“Perlu disadari bahwa ancaman stunting terhadap generasi penerus bangsa sangatlah nyata. Apalagi masih banyak yang berujar bahwa stunting adalah permasalahan yang hanya menjadi perhatian orang tua saja, padahal stunting memerlukan perhatian dari semua pihak termasuk generasi muda,” kata Marolli.

Marolli menyebut perilaku hidup bersih dan sehat itu seperti mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan jamban bersih, memantau berat badan, mengkonsumsi makanan bergizi, minum tablet tambah darah, berolahraga dan minum air putih 8 gelas setiap hari.

Di Bengkulu Utara sendiri, Kemkominfo menggandeng remaja putri untuk mengkampanyekan informasi pencegahan stunting. “Dengan cara ini, remaja putri tidak hanya menjaga kesehatan sendiri, tetapi juga akan berdampak di masa yang akan datang, dimana mereka akan melahirkan generasi yang sehat dan bebas stunting,” ujar Marolli.

(Kiri) Dodi Hardinata, S.Sos, M.Si dan Marolli J. Indarto (kanan)

Kata Marolli, tak hanya melalui Forum Sosialisasi Genbest, para remaja juga bisa mendapatkan informasi lebih lanjut seputar stunting, kesehatan, nutrisi, tumbuh kembang anak melalui situs genbest.id dan media sosial @genbestid serta @infokompmk.

“Generasi muda dapat pula mengunduh aplikasi android Anak Sehat untuk mengetahui informasi mengenai kesehatan ibu dan anak serta sebagai alat pantau digital tumbuh kembang anak,” pungkasnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Kominfo Bengkulu Utara Dodi Hardinata, S.Sos, M.Si mengatakan, pada prinsipnya mereka mendukung Genbest dalam mensosialisasikan pencegahan stunting sejak dini Kabupaten Bengkulu Utara.

“Kominfo juga berharap dengan adanya Forum Sosialisasi Genbest ini dalam pencegahan stunting, para remaja putri juga dapat menjadi agen komunikasi dalam mensosialisasikan dan mengkomunikasikan mengenai pencegahan stunting kepada teman-teman sebaya mereka, baik melalui tatap muka maupun melalui sosial media”, ucap Dodi.

“Di tahun 2020 kampanye pencegahan stunting ini kita akan hubungkan dengan esa.id agar sampai pada titik yang paling kecil di level desa. Untuk tahun ini kita baru membangun sistemnya, tahun depan kita menuju pengaksesan informasi cepat sampai level desa melalui esa.id dan kita sudah menyurati semua desa untuk membangun esa.id tahun depan,” tandasnya.


Pewarta: MS Firman