Curah Hujan Meningkat, Waspada DBD

Amril Yudani, Kadis Kesehatan Lebong
Amril Yudani

LEBONG, sahabatrakyat.com – Meningkatnya curah hujan di Kabupaten Lebong, juga dikhawatirkan diiringi dengan semakin meningkatnya berbagai penyakit saat musim hujan. Seperti batuk, flu, diare, tipes, malaria dan DBD, serta penyakit lainnya. Untuk itu masyarakat diharapkan bisa lebih waspada terhadap serangan berbagai penyakit disaat musim hujan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong, Amril Yudani SKM, mengingatkan masyarakat agar mewaspadai wabah penyakit malaria dan DBD yang disebabkan oleh virus yang disebar oleh nyamuk. Karena disaat musim penghujan, dua penyakit tersebut biasanya yang paling dominan, termasuk juga flu dan batuk.

“Masyarakat diharapkan meningkatkan kebiasan hidup sehat. Seperti lebih memperhatikan kondisi lingkungan yang biasa sering lembab karena hujan yang terus mengguyur. Termasuk juga, yang paling utama tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Karena kebersihan adalah salah satu kunci kesehatan keluarga,” ungkap Amril.

Amril juga mengimbau masyarakat untuk rutin melakukan 3 M, yaitu menguras, menutup dan mengubur untuk memberantas sarang nyamuk. Terlebih lagi, tambah Amril, disaat musim hujan seperti saat ini, kegiatan 3 M harus semakin ditingkatkan.

ilustrasi fogging/ Foto ANTARA
ilustrasi fogging/ Foto ANTARA

“Kita juga mengimbau agar masyarakat cepat melaporkan jika ada yang terkena DBD agar kita bisa segera melakukan fogging. Seperti beberapa hari kemarin kita melakukan fogging di sekitar rumah warga yang terkena DBD. Hal ini untuk mencegah meluasnya wabah penyakit tersebut,” pungkas Amril. (CW1)

Editor: Jees