Jenguk Penderita Kanker, Pemkab & BPJS BU Pastikan Layanan Terbaik

Kepala Dinas Sosial, Direktur RSUD Arga Makmur dan BPJS BU saat menjenguk Jumini/Foto: sahabatrakyat.com/MS Firman

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com Pemkab Bengkulu Utara (BU) melalui Dinas Sosial dan RSUD serta BPJS Unit BU mengunjungi Jumini (39 tahun), penderita kanker payudara di RSUD Arga Makmur, pada Kamis (10/10/2019). Selain memotivasi, mereka juga memastikan pelayanan terbaik bagi warga Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Padang Jaya, itu.

“Kami tahu megenai ibu Jumini dari Pekerja Sosial Masyarakat Dinas Sosial. Oleh karena kami dari Dinas Sosial meluangkan waktu bersama direktur RSUD Arga Makmur dan pihak BPJS melihat langsung penderita kanker payudara yang saat ini dirawat di RSUD Arga Makmur,” ungkap Suwanto, kepala Dinas Sosial BU saat dibincangi sahabatrakyat.com di RSUD Arga Makmur.

Suwanto menjelaskan, kedatangannya bersama Direktur RSUD dan perwakilan BPJS untuk memberikan semangat sekaligus sebagai wujud perhatian pemerintah daerah dengan memfasilitasi pelayanan terbaik bagi Jumini.

“Semoga cepat sembuh dan bisa berkumpul kembali bersama keluarga. Nanti hal-hal lain, sepanjang itu menjadi kewajiban kita, akan kita fasilitasi,” tutur Suwanto.

Direktur RSUD Arga Makmur, dr Jasmen SpKK Mkes mengatakan, pihaknya akan memastikan dulu kondisi Jumini sudah fit sebelum dirujuk ke RSUD M Yunus Bengkulu.

“Bila ada pelayanan yang kurang, pak Suhada laporkan kepada saya selama dirawat di RSUD Arga Makmur ini,” tukas Jasmen kepada Suhada, suami Jumini.

Jasmen menambahkan, RSUD Arga Makmur juga siap memfasilitasi ambulan. “Ambulan kita siapkan, jadi jangan bingung-bingung, kita akan urus sampai mendapatkan ruangan di RSUD M. Yunus Bengkulu. Intinya pasien tidak menunggu tanpa pelayanan disana.”

Sementara dr. Ikshan Kurniawan, verifikator BPJS Kesehatan Unit Kabupaten Bengkulu Utara, menyampaikan, “bapak sebagai keluarga pasien jangan terlalu dipusingkan, ambulan itu bisa dijamin BPJS Kesehatan. Yang terpenting kartu BPJSnya aktif, nanti perihal di M. Yunus terima apa tidak jangan pusing-pusing mencari kamar di sana, itu akan diurus pak direktur RSUD Arga Makmur,” ulasnya.

Ikshan berharap dengan penjelasan yang sudah diberikan tersebut, pihak keluarga tidak lagi khawatir. “Setelah dijelaskan masalah BPJS Kesehatan yang digunakan untuk membawa istrinya dirujuk ke RSUD M.Yunus Bengkulu, Pak Suhada sudah punya gambaran di sana.”

Ikshan menguraikan, untuk penggunaan BPJS Kesehatan pasien rumusnya adalah 2,5 persen dikali biaya pelayanan dikali jumlah bulan tertunggak.

“Untuk biaya pelayanan kita belum ketahui karena dihitung melalui aplikasi. Jadi dari biaya pelayanan di sana, secara rilnya kita belum bisa mengetahui berapa besarannya karena dihitung secara aplikasi,” terang Ikshan.

Pada kesempatan itu Suhada, suami Jumini, mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Sosial, Direktur Rumah Sakit dan pihak BPJS Kesehatan yang telah mengunjungi mereka.

“Saya selaku suami penderita kanker payudara sangat berharap uluran tangan para dermawan dan berharap BPJS Kesehatan kami bisa dimasukan jaminan kesehatan yang dibiayai oleh pemerintah daerah,” harapnya. Menurut Suhada, BPJS Kesehatan mandirinya masih menunggak sekitar 6 bulan.


Pewarta: MS FIRMAN