Rehab Polindes Diajukan Tiap Tahun

Edy Suparjo
Edy Suparjo

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com – Pondok Bersalin Desa (polindes) di Desa Tanjung Putus, Kecamatan Kerkap, yang  terbengkalai dan terkesan dibiarkan begitu saja pasca-bencana gempa bumi tahun 2007 lalu ternyata sudah sering diusulkan oleh dinas terkait agar direhab.

Hal itu diakui Kepala Puskesmas Kelurahan Lubuk Durian Edy Suparjo SKM ketika dikonfirmasi sahabatrakyat.com baru-baru ini. “Kita tidak tinggal diam. Tiap tahun kami ajukan, baik program pembangunan fisik maupun non fisik,” kata Edy.

Edy mengatakan, pihaknya hanya menyampaikan usulan. “Untuk menentukan kebijakan iya dan tidak bukan kita, kita hanya meminta. Artinya kami senantiasa mengajukan setiap tahun,” jelas Edy.

Menurut Edy, pada tahun 2015 pernah juga dimasukan dan sudah ada kabar gembira. Namun karena ada kebijakan Kemenkes, rehab gedung  ditiadakan.

Lebih lanjut, Edy mengatakan karena keterbatasan jumlah tenaga medis, dari 18 desa dan satu keluruhan, hanya sembilan desa yang terisi tenaga kesehatannya. Sementara di desa yang belum diatasi oleh tenaga medis desa terdekat.

Penulis: MS Firman
Editor: Jees