Tekan DBD, Puskesmas Arga Makmur Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektoral

Camat Arga Makmur Jon Kenedi saat membuka lokakarya/Foto: sahabatrakyat.com-MS Firman

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com Dalam upaya menekan kasus demam berdarah dengue (DBD) di wilayah kerjanya, Puskesmas Arga Makmur menggelar lokakarya mini lintas sektoral bertema “Menjalin Kerja Sama Lintas Sektor dalam Penurunan Kasus DBD serta Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan melalui Pemanfaatan Dana Desa Bidang Kesehatan.

Lokakarya itu dihadiri antara lain oleh Lurah, Kepala Desa, Babinsa, Babinkamtibmas, TPID, Tim RKPDes, Kader Posyandu, dan Kader Jumantik di wilayah Kecamatan Arga Makmur.

Pokok materi dalam lokakaya mini ini di antaranya terkait pencegahan DBD, prioritas dana desa bidang kesehatan 2019 dan peran Dinas Kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan JKN.

Narasumber Lokakarya memaparkan materi terkait upaya menekan DBD/MS Firman

Camat Kota Arga Makmur Jon Kenedi SSos dalam sambutannya mengingatkan pentingnya koordinasi, silaturahmi dan kerja sama dalam melaksanakan pekerjaan, baik ringan maupun berat, agar hasilnya pun bisa dipertanggungjawabkan bersama.

“Bila kita kerjakan sendiri-sendiri artinya pekerjaan satu dikerjakan sendiri-sendiri, belum tentu selesai,” katanya. “Sebaliknya bila saling koordinasi dan kerjasama pasti akan terselesaikan dengan baik.”

Jon menambahkan, pemerintah kecamatan mendukung program-program yang sudah dicanangkan Puskesmas Arga Makmur. Apalagi pihaknya juga punya cita-cita dalam pencegahan DBD.

“Cita-cita kami, kita ingin gotong-royong bergilir dari setiap desa. Saya yakin semua sektor mendukung kegiatan gotong-royong bergilir ini di setiap desa. Kita upayakan gotong-royong seperti ini tidak terputus. Setiap tanggal 17 kita apel bersama di kantor camat, nanti kita sepakati bersama jadwal gotong royong Jumat bersih bergilir.”

“Kita turun bersama-sama melakukan gotong-royong. Dengan kita turun bersama masyarakat akan mengikuti mudah-mudahan ini didukung oleh semua sektor,” papar Jon.

Sementara Kepala Puskesmas Arga Makmur Agus Bintoro SKep mengatakan, “lokakarya mini lintas sektor ini dilaksanakan guna mensinergikan kegiatan yang ada dengan program kesehatan sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat.”

“Dalam akhir bulan ini kasus DBD di wilayah kerja Puskesmas Arga Makmur terjadi peningkatan, kami berharap dukungan dari lintas sektor untuk membudayakan lagi, menggalakan lagi masyarakat bersih-bersih lingkungan, sehingga kasus DBD ini bisa kita cegah jangan sampai terjadi sia-sia merenggut jiwa.”

Agus menambahkan, kader jumantik yang sudah terbentuk di desa bisa ambil peran untuk lebih berpartisipasi. Ia juga berharap kepala desa dan perangkatnya secara berkesinambungan memantau dan terus mensosialisasikan 3m+ secara aktif.


Pewarta: MS Firman