Komposisi Fraksi di DPRD Kabupaten Lebong; 3 Partai Fraksi Sendiri, Lainnya Koalisi

Suasana Rapat Pembentukan Fraksi di DPRD Lebong, Senin (16/9/2019)/Foto: FB Priono

LEBONG, sahabatrakyat.com DPRD Lebong telah menetapkan jumlah fraksi sesuai dengan perolehan kursi dan hasil rapat yang berlangsung pada Senin (16/9/2019), yakni menjadi enam fraksi dengan komposisi berdiri sendiri dan koalisi.

Dari sepuluh partai politik yang punya kursi, tiga partai memutuskan membentuk fraksi dengan anggota dan nama partainya sendiri, yakni PAN, PKB dan Perindo. PAN terdiri dari lima anggota, sementara PKB dan Perindo terdiri dari tiga anggota.

Sementara NasDem, meski tetap menggunakan nama sendiri, Fraksi NasDem, anggotanya terdiri dari empat politisi NasDem dan seorang politisi PBB.

Komposisi serupa juga ada di Fraksi Demokrat. Dari total lima anggotanya, tiga di antaranya politisi Demokrat dan dua lainnya asal Partai Golkar.

Sementara partai dengan raihan dua atau hanya satu kursi membentuk fraksi koalisi dengan menggabung atau mengkombinasikan nama-nama asal partai, yakni Fraksi Gerakan Nurani Perjuangan Rakyat yang terdiri dari PDIP (2 kursi), Gerindra (2 kursi), dan Hanura (1 kursi).

Adapun Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menjadi dua partai yang membentuk fraksi sendiri, yakni Fraksi PKB dan Fraksi Perindo, karena sama-sama meraih tiga kursi hasil Pemilu 2019.

Ketua DPRD Lebong Carles Honsen yang memimpin rapat pembentukan fraksi kepada sahabatrakyat.com, Senin (16/9/2019) malam mengatakan, setelah pembentukan fraksi itu pihaknya akan menggelar pembahasan tata tertib dan kode etik.

“Untuk kedua agenda itu, dua pokja sudah dibentuk, yakni Pokja kode etik dan Pokja tata tertib,” kata Alex, sapaan Carles Honsen.

Berikut Nama Fraksi dan Anggota Fraksi DPRD Kabupaten Lebong Periode 2019-2024:

Fraksi PAN : Ansyori (PAN), Desi Fitriawanti (PAN), Pip Haryono (PAN), Carles Ronsen (PAN)

Fraksi NasDem: Dedi Haryono (NasDem), Fardinan Markos (NasDem), Teguh Raharjo EP (NasDem), Alpi Haryono (NasDem), Gunadi Mursalin (PBB)

Fraksi Kebangkitan Bangsa: Ronal Reagen (PKB), Royana (PKB), Popi Ansa (PKB)

Fraksi Demokrat: Asman Maidolan (Demokrat), Mahdi (Golkar), Rinto Putra Cahyo (Demokrat), Aswar (Demokrat), Ahmad Lutfi (Golkar)

Fraksi Perindo: Rodi Hartono (Perindo), Pipit Irianto (Perindo), Wilyan Bachtiar (Perindo)

Fraksi Gerakan Nurani Perjuangan Rakyat: Anita Andriani (PDI-P), Rama Chandra (Gerindra), Sriwijaya (Gerindra), Piter Saputra (PDI-P), Waazrim Karim (Hanura)


Pewarta: Sumitra Naibaho