previous arrow
next arrow
Slider

Masuk Kawasan Wisata Alam, Puluhan Bangunan di Kota Bengkulu Dibongkar

Petugas dengan satu unit alat berat saat menggusur bangunan di kawasan hutan wsiata alam Kota Bengkulu/Foto: Halian

BENGKULU, sahabatrakyat.com- Sedikitnya dua puluh unit bangunan yang berdiri di sekitar Lapangan Golf Kota Bengkulu dibongkar petugas. Bangunan itu dinilai melanggar ketentuan karena ada di dalam kawasan yang berstatus hutan wisata alam.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bengkulu Murlin Hanizar menerangkan, status kawasan wisata alam itu sesuai dengan undang-undang kehutanan. Sehingga merupakan lahan milik negara yang tidak bisa dimiliki dan digunakan secara sembarangan.

“Berdasarkan laporan masyarakat tempat ini diduga dijadikan tempat lokasi yang melanggar, diduga tempat prostitusi. Untuk ini kita akan tertibkan dan kita akan ratakan nantinya,” jelas Murlin, Kamis (13/6/2019).

Murlin menambahkan, semua bangunan yang berdiri di atas lahan tanah milik pemerintah akan ditertibkan atau dibongkar.

Namun tindakan itu tetap dengan tahapan yang ditentukan. “Sesuai dengan standar operasional prosedur kita berikan peringatan untuk membongkar sendiri. Jika tidak diindahkan terpaksa kita akan bongkar secara paksa,” tegasnya.

Sementara itu, dari hasil pantauan di lapangan penggusuran tersebut menggunakan satu unit alat berat yang dibantu pihak anggota Satpol PP Provinsi Bengkulu, Satpol PP Kota, serta melibatkan aparat kepolisan dan TNI. Sedikitnya ada 183 personil yang turun di lokasi.

Selain alat berat, sejumlah penghuni sudah bergeser memindahkan barang-barang miliknya. Sebagian lagi juga ada yang dengan kesadaran sendiri membongkar bangunan yang selama ini menjadi tempat tinggal mereka.


Laporan: Halian Sahri

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts