previous arrow
next arrow
Slider

Menteri Desa PDTT ke Pemdes: Gunakan DD untuk Pemberdayaan

Menteri Desa Eko P Sandjojo saat menjadi narasumer dalam Forum Musrenbang RKPD Pemda Lebong TA 2020, Kamis (14/3/2019)/Aka

LEBONG, sahabtrakyat.com- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (PDT RI), Eko Putro Sandjojo mengingatkan pemerintah desa di Kabupaten Lebong untuk memfokuskan pemanfaatan dana desa (DD) ke program pemberdayaan dan peningkatan ekonomi desa.

Menurutnya, pembangunan badan usaha milik desa (bumdes) bisa menjadi salah satu solusi untuk mengentaskan kemiskinan dari bawah. Ia menjelaskan, lewat program pemberdayaan dan ekonomi, desa diharapkan mandiri dan bebas dari kemiskinan.

“Yang paling cepat bisa dilakukan adalah membangun BUMDes dalam segi pariwisata. Kita lihat Desa Ponggok, desa yang kecil dan hanya punya mata air sebagai potensi desa,” ujar Menteri Eko saat menjadi narasumber dalam Forum Musrenbang RKPD Kabupaten Lebong TA 2020 di Aula Pemda Lebong, Kamis (14/3/2019).

Menteri Desa PDTT menambahkan, jika sudah membangun potensi desa, maka pengembangannya perlu kreativitas demi mengoptimalkan potensi yang sudah dibangun. “Jadi tinggal kreativitas. Sekarang keuntungannya bisa dipakai untuk membuat home stay, buat bikin perikanan. Di tahun 2017 pendapatannya sebesar Rp10 miliyar,” papar Eko soal kemajuan Desa Ponggok.

Kades Sebelat Ulu Achmad Buchari

Pada kesempatan dialog, Kepala Desa Sebelat Ulu, Achmad Buchari memaparkan potensi wisata di desanya. Yaitu gunung Sebelat sebagai gunung tertinggi di Provinsi Bengkulu, dengan ketinggian 2.500 meter. Selain itu ada Bukit Gedang yang dapat digunakan sebagai lokasi panjat tebing dengan ketinggian 300 meter.

Namun, lanjutnya, infrastruktur jalan provinsi di wilayahnya sejak desa itu berdiri pada 1982 masih sulit diakses. Proyek peningkatan jalan baru ada di tahun 2009. Namun jalan yang ada belum memadai karena kondisi yang bertebing, berkoral dan berlubang itu belum ada peningkatan.

“Kami memohon bimbingan dari Pak Menteri untuk pembangunan infrastruktur yang kurang memadai,” tandasnya.

Menanggapi pertanyaan Kades Sebelat Ulu, Menteri Eko mengatakan agar hal itu bisa diperjuangkan bersama-sama. Eko mengatakan, dalam waktu dekat akan ada pertemuan dengan menteri-menteri terkait. Ia akan mengajak para bupati di Provinsi Bengkulu untuk sama-sama memperjuangkan.


Penulis: AKA BUDIMAN

Editor: Jean Freire

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts