Seoang peserta lomba tilawah MTQ Tk Kabupaten Lebong tampil membaca Alquran/foto kia- sahabatrakyat.com
Seoang peserta lomba tilawah MTQ Tk Kabupaten Lebong tampil membaca Alquran/foto kia- sahabatrakyat.com

LEBONG, sahabatrakyat.com– Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi, Senin (3/10/2016) secara resmi telah membuka Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Kabupaten Lebong yang dipusatkan di Masjid Agung Sultan Abdullah di Tubei.

Hadir dalam pembukaan, Kapolres Lebong AKBD Zainul Arifin, Sekda Lebong Mirwan Effendi SE MSi, Kepala Kemenag Tasri MAg dan perwakilan dinas instansi di lingkungan Pemkab Lebong.

Selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membaca, memahami serta mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari, MTQ tingkat Kabupaten Lebong juga digelar untuk menjaring peserta MTQ tingkat provinsi yang rencananya digelar tahun depan dimana Lebong akan menjadi tuan rumah.

“Harapan bupati, pelaksanaan MTQ ini dapat membebaskan masyarakat Lebong dari buta aksara Al-Quran,” ujar Sekretaris Lomba MTQ Kabupaten Lebong Pabil SAg, kepada sahabatrakyat.com, Selasa (4/10/2016).

Pabil yang juga Kabag Kesra Setda Lebong mengungkapkan, jumlah peserta untuk tingkat remaja yang mendaftarkan diri ada 30 orang. Hanya saja, hingga acara dibuka dan dimulai, jumlah peserta yang hadir mengikuti lomba hanya 18 orang.

Menurut Pabil, MTQ tingkat kabupaten terdiri dari berbagai cabang perlombaan. Seperti tartil, tilawah, fahmil quran, sharhil, dan kaligrafi bahasa Arab. Tartil dan tilawah dipusatkan di Masjid Agung, fahmil dan sharhil quran di Kemenag. “Sementara lomba kaligrafi di SD 04 Lebong Atas,” sebut Pabil.

 

Penulis: Zakia Tulfitri