Buka Porwil Sumatera 2019, Menpora Dukung Pembangunan Infrastruktur Olahraga di Bengkulu

Opening Ceremony Porwil X Sumatera, Sabtu (2/11/2019) di Stadion Semarak Bengkulu/Foto: Istimewa

BENGKULU, sahabatrakyat.com- Dentuman tabuh ratusan dhol bergemuruh menggetarkan Stadion Semarak Bengkulu saat prosesi pembukaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera 2019, Sabtu (2/11/2019) malam.

Dibarengi tarian kolosal putri-putri cantik dari Bumi Rafflesia, opening ceremony ajang kompetisi olahraga yang diikuti 10 provinsi se-Sumatera ini begitu meriah.

Sebanyak 1.526 atlet dari seluruh provinsi di Sumatera berkumpul di Bengkulu untuk berkompetisi dalam 11 cabang olahraga.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali, olahraga tak sekadar kegiatan berkompetisi, namun juga sebagai media pemersatu bangsa.

“Olahraga merupakan salah satu cara mengembangkan SDM. Olahraga juga sebagai pemersatu bangsa,” ucap Menpora Zainudin Amali saat pembukaan.

Dirinya berharap, Porwil Sumatera di Bengkulu bisa berjalan lancar dan sportif. Pasalnya, atlet yang berprestasi dalam ajang kali ini akan dipersiapkan untuk berlaga di Pekan Olahrana Nasional tahun 2020 di Papua.

“Bengkulu sebagai tuan rumah, jelas punya tanggungjawab supaya pelaksanaan Porwil kali ini berjalan sukses dan lancar, agar seleksi menuju PON 2020 bisa tercapai,” tutur Zainudin.

Sebagai kunjungan perdana di wilayah Sumatera, Bengkulu merupakan provinsi pertama yang dikunjungi Zainudin sebagai Menpora usai dilantik Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Dalam sambutannya, pria asal Gorontalo itu mengapresiasi KONI yang telah menggelar kegiatan keolahragaan.

Tak hanya itu, Zainudin juga mengungkapkan dukungan pengembangan infrastruktur sarana olahraga di Bengkulu agar mampu menjadi tuan rumah perhelatan kompetisi olahraga tingkat nasional.

“Untuk Bengkulu harus dipersiapkan sarana prasarana, kita dukung untuk pengembangan dan pembangunan infrastrukturnya. Kalau Porwil saat ini ada 11 cabang olahraga, nanti kalau PON, diikuti 34 provinsi dan seluruh cabang olahraga. Makanya saya minta masyarakat untuk bisa mendukung gubernur mempersiapkan semuanya,” kata Zainudin.

Sebagai apresiasi untuk tuan rumah Porwil, Menpora berjanji akan memberikan support program-program olahraga dan kepemudaan di Bengkulu.

“Tentu kita akan lihat program-program apa yang bisa kita support dan kita sharing dengan pemerintah provinsi dan kita akan lakukan itu,” imbuh Menpora.

Gubernur Banggakan Prestasi Bengkulu

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam sambutan tuan rumah penyelenggaraan Porwil Sumatera 2019, mengungkapkan rasa bangga akan geliat prestasi olahraga Provinsi Bengkulu. Katanya, kendati pembukaan resmi baru dilakukan malam itu, namun beberapa kompetisi telah dilakukan dan Bengkulu telah mendapatkan 3 medali emas.

“Tadi dari cabor Kempo, Bengkulu kembali berhasil meraih medali emas. Kemudian sepak bola juga akan melaju ke final lawan Aceh,” ucap Rohidin bangga.

Rohidin menyatakan, sebagai tuan rumah penyelenggaraan Porwil yang dihelat bergiiran tiap empat tahunan itu, komitmen agar penyelenggaraan bisa lancar dan sukses.

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk mendukung atlet kebanggaan tiap-tiap cabang olahraga, secara sportif.

“Kita tunjukkan, Bengkulu bisa menjadi tuan rumah yang baik. Kemudian juga dengan Porwil ini bisa melahirkan atlet berprestasi menuju PON 2020 di Papua,” tutup Rohidin dengan meneriakkan Salam Olahraga.


Editor: Jean Freire