Gubernur Minta Masing-Masing Daerah Punya Event Unggulan Wisata

BENGKULU SELATAN, sahabatrakyat.com Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta setiap kota dan kabupaten dalam Provinsi Bengkulu memiliki event unggulan untuk menarik kunjungan wisatawan. Ia mengingatkan agar even tersebut digelar secara kontinyu dengan waktu dan tempat yang sama.

Hal itu disampaikan Gubernur saat memberi sambutan di Festival Ayiak Manna II di Geluguran Desa Kayu Ajaran Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Minggu (25/8/2019).

“Hal ini memang biasa kalau diawal-awal suatu event masih banyak kekurangan dari beberapa segi itu lumrah, namun perlahan tentu akan menjadi lebih baik. Jika ingin masuk calender of event, pelaksanaannya jangan berubah-ubah setiap tahun jika perlu buat buku panduannya maupun sejarah awalnya,” jelas Gubernur.

Pada kesempatan itu, Rohidin yang juga Ketua Indonesia Offroad Federation (IOF) Provinsi Bengkulu mengukuhkan Pengurus Cabang IOF Bengkulu Selatan.

Dalam amanatnya, mantan wakil bupati BS itu menegaskan bahwa IOF merupakan organisasi yang berjalan secara volunteer (sukarela) berdasarkan hobi. Para anggotanya memiliki jiwa sosialnya yang kuat, apalagi ketika bencana datang melanda.

“Setelah dikukuhkan IOF Bengkulu Selatan tidak ada cerita tidak hidup. Organisasi ini ibarat keluarga bisa saling melengkapi dalam beberapa aspek. Anggota IOF pun tidak selalu berkutat dengan motor, mobil maupun mesin, namun bisa bergerak dalam aspek sosial kemanusiaan dalam memajukan daerah seperti pariwisata maupun dibutuhkan ketika bencana melanda,” tegas Rohidin.

Sementara itu, Gusnan Mulyadi mengatakan Bengkulu Selatan akan turut menyukseskan program satu daerah satu event yang telah digaungkan sejak beberapa tahun lalu. Event Ayiak Manna menjadi salah satunya dan tahun ini memasuki pelaksanaan kedua dengan kemasan berbeda yaitu fun rafting (arung jeram).

“Bengkulu Selatan akan terus berbenah untuk mempromosikan program wisata unggulan di daerah, dengan menyelengarakan event-event wisata yang dapat menarik minat wisatawan,” kata Gusnan.

Pada kesempatan ini juga digelar pelantikan Pengurus Cabang Indonesia Federation Offroad (IOF) Cabang Bengkulu Selatan oleh Gubernur selaku Ketua IOF Pengda Bengkulu. Gusnan sendiri akan didapuk menjadi ketua pengurus cabang Bengkulu Selatan.

“Sebenarnya IOF sudah lama hadir di Bengkulu, disetiap kesempatan seperti bencana, IOF selalu hadir memberikan bantuan maupun bhakti sosial. Hari ini akan dilakukan pengukuhan kepada 80 Pengcab IOF Bengkulu Selatan oleh Ketua IOF Pengda Bengkulu,” terangnya.

Di acara ini, Gubernur menyerahkan bantuan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) di antaranya rumah kompos, kandang komunal, 8 ekor sapi, kendaraan roda tiga dan APPO (mesin pencacah) yang bernilai 200 juta rupiah kepada kelompok tani Desa Pagar Dewa dan Desa Pino Raya. (Rls)


Editor: Jean Freire