Lebong Wisata Offroad Adventure & Tubei On The Street, Promosi Lebong ke Nusantara & Dunia

Kapolres Lebong AKBP Andree Ghama Putra saat menjelaskan rute Lebong Wisata Adventure/Foto: Aka Budiman-sahabatrakyat.com

LEBONG, sahabatrakyat.com- Lebong Wisata Offroad Adventure se-Sumatera Bagian Selatan bakal menjadi salah satu even akbar di Kabupaten Lebong tahun ini. Dalam upaya mempromosikan potensi wisata di Bumi Swarang Patang Stumang, even ini diperkirakan akan diikuti ratusan offroader dan ribuan bikers.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo-SP) Kabupaten Lebong Donni Swabuana mengatakan, spirit utama kegiatan ini adalah memperkenalkan Lebong kepada wisatawan nusantara bahkan manca negara melalui panorama alamnya seperti wisata sungai, danau dan hutan.

“Sebenarnya ruhnya sederhana, kita ingin mengangkat Lebong ini ke lebih luas lagi, nasional maupun mendunia melalui even-even,” ujarnya, Selasa (23/7/2019) siang di sela-sela jumpa pers yang dilaksanakan di ruang media center Diskominfo dan SP Lebong di Tubei. Acara ini juga difasilitasi Polres Lebong.

Donni menyebut, Lebong Offroad Adventure dan Tubei On The Streat sendiri akan digelar pada tanggal 27-28 Juli 2019. “Kegiatan ini merupakan bagian rangkaian acara HUT Bhayangkara ke-73 yang dilaksanakan Polres Lebong dan bekerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Lebong,” jelas Donni.

Sementara itu, Kapolres Lebong, AKBP Andree Gahma Putra menambahkan, kendati even offroad adventure ini pernah dilaksanakan di tahun sebelumnya, namun kali ini akan dilaksanakan lebih besar lagi karena dihadiri lebih dari seratus mobil 4×4. Sementara kegiatan Tubei On The Street bakal dihadiri oleh seluruh bikers se Sumbagsel yang berjumlah 1.000 bikers.

Dikatakan Andree, lintas alam Lebong yang akan dilalui adalah sejauh 50 km mencakup beberapa destinasi wisata alam.

“Harapan kita, untuk meningkatkan perekonomian daerah maka perlu merubah pandangan orang luar daerah Lebong bahwa kabupaten swarang patang stumang yang bukan daerah lintasan ini adalah daerah tujuan wisata. Jadi tujuannya masyarakat itu bisa menikmati keindahan Lebong dan tentunya salah satu poinnya bagi kami Lebong itu aman,” tuturnya.

Ketua Panitia, AKP Yosril Radiyansyah menyampaikan, perkiraan jarak 50 km yang melintasi destinasi wisata alam akan menempuh waktu dua hari satu malam di lokasi finis di wisata arung jeram Arus Ketahun dari star Taman Smart City Karang Nio Lebong

Untuk Tubei On The Street, sambungnya, akan dipusatkan di wilayah jalur dua perkantoran Tubei depan Taman Smart City Karang Nio Lebong dengan pawai motor dan musik. Jalan akan ditutup sementara.

“Kini sudah ada 120 offroad sebagai peserta yang sudah boking nomor,” tutupnya.


Laporan: Aka Budiman