Obama Sebut Muhammad Ali Setara Nelson Mandela

Muhammad Ali

Jakarta – Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyebut Muhammad Ali sebagai “orang yang berjuang untuk kita semua” dan untuk itu Obama menempatkan Ali pada tempat setara dengan para pemipin hak-hak sipil Martin Luther King Jr. dan Nelson Mandela.

“Perjuangannya di luar ring telah merenggut mahkotanya dan pendiriannya. Itu membuat dia dikelilingi musuh di kiri dan kanannya, membuatnya dicaci, dan hampir dipenjarakan,” kata Obama seperti dikutip Reuters.

“Namun Ali teguh pada pendiriannya. Dan kemenangan dia membantu kita menciptakan Amerika yang dikenal seperti sekarang,” sambung Obama.

Kematian Ali dipastikan oleh sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh juru bicara keluarganya Jumat malam waktu setempat.

“Saya senang ayahanda saya tidak lagi menderita. Dia telah berada di tempat yang lebih baik. Allah Maha Besar,” kata putrinya Maryum.

Politisi dan petinju legendaris Filipina Manny Pacquiao juga menyampaikan duka citanya untuk Ali.

“Kita kehilangan raksasa hari ini. Tinju menarik manfaat dari bakat Muhammad Ali namun tidak setara dengan umat manusia tarik manfaat dari kemanusiaannya,” kata Manny Pacquiao.

Sedangkan pembela HAM Jesse Jackson mencuit di Twitter: “Mari kita berdoa untuk @MuhammadAli; kebaikan untuk Amerika, juara tinju dunia, transformator sosial dan & pahlawan anti-perang. #TheGreatest.” (Antara)