previous arrow
next arrow
Slider

Soal Maskot Beruang Madu Porwil X, Bang Ken Saran Tambahkan Ayam Khas Bengkulu

Ahmad Kenedi

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Diangkatnya beruang madu sebagai logo dalam even Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X se-Sumatera yang akan diselenggarakan di Provinsi Bengkulu pada 3 hingga 9 November 2019 mendapat tanggapan dari Anggota DPD RI asal Bengkulu, Ahmad Kenedi, SH MH.

Menurut sosok yang akrab disapa Bang Ken itu, ayam Burgo atau Brugo yang merupakan endemik fauna khas Bengkulu sejatinya lebih tepat untuk diperkenalkan sebagai maskot Porwil. Selain khas asli Bengkulu, ayam hasil persilangan ayam hutan jantan (Gallus gallus) dengan ayam kampung betina (Gallus domesticus) itu kini sudah mulai banyak tumbuh komunitasnya.

Bang Ken menjelaskan, beruang madu adalah fauna yang statusnya sudah umum dan pernah digunakan oleh daerah lain. Sedangkan ayam Burgo/Brugo merupakan jenis fauna khas milik Bengkulu.

“Kalau beruang, ya sudah umum. Kalau tidak salah sudah dipakai diajang lain, nasional maupun internasional,” ujarnya, Kamis (21/3/2019) malam.

Bang Ken menyarankan, jika ayam Burgo memang sudah tidak lagi bisa digunakan untuk maskot logo Porwil X, maka sebaiknya digunakan pada maskot kedua nantinya.

“Kalau sudah ditetapkan ya, sudah lah. Kalau boleh, saran dan tidak menyalahi, ada maskot ke dua atau maskot juara atau atau maskot khusus yang menampilkan ayam Berugo,” tuturnya.

Selain sudah diperkenalkan untuk logo Wonderful Bengkulu 2020, lanjut mantan walikota Bengkulu itu, jika nanti sudah populer, maka ayam Burgo bisa punya nilai jual, seperti untuk kontes, oleh-oleh. Termasuk bisa digunakan untuk menarik wisatawan atau pun menghilangkan kebiasaan sabung ayam.

“Jadi bisa mendorong tumbuhnya ekonomi kerakyatan,” tandasnya.


Penulis: Aka Budiman

Editor: Jean Freire

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts