Cegah Stunting, TPID Kota Arga Makmur Gelar Pelatihan PSDM

Suryadi, narasumber menyampaikan materi pengenalan Tikar pertumbuhan dan pelayanan konveengsi dtunting di desa
Suryadi, narasumber menyampaikan materi pengenalan Tikar pertumbuhan dan pelayanan konveengsi dtunting di desa

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Kota Arga Makmur menggelar pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM). Pelatihan ini bersama kader pembangunan masyarakat dan perwakilan desa di balai pertemuan Desa Rama Agung, Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkuu Utara, Kamis (15/8/2019).

Pelatihan PSDM ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ir. Budi Sampurno. Hadir Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan, Herman Prambudi, SKM, MPh, Camat Kota Arga Makmur, Jon Kenedi, S.Sos, TAPM.P3MD, Suyadi, Zamrudin, dan ibu Inarni serta 33 orang perwakilan dari 14 desa.

Foto Bersama usai acara pembukaan

Ketua Panitia Pelatihan PSDM, Ismail Yogo Trianto mengatakan, kegiatan ini fokus pada pelatihan kader pembangunan masyarakat, terkait pencegahan stunting yang menjadi lokus nasional.

TPID memfasilitasi dan menggerakan masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam kegiatan pemberdayaan di desa masing-masing.

Kegiatan pelatihan ini juga serangkaian rencana kerja tindak lanjut dari program inovasi desa sesuai dengan Permendes No 4 Tahun 2019 tentang program inovasi desa TA 2019.

KPM saat menikuti materi pelatihan

“Tujuan terpentingnya adalah pencegahan stunting. Sesuatu yang sangat penting kita laksanakan agar nantinya kita dapat mewujudkan generasi sehat cerdas (GSC) yang merupakan modal dasar bagi desa-desa dalam kerja desa membangun,” paparnya.

“Dan peningkatan kapasitas KPM yang dilaksanakan ini dapat memberikan gambaran dan langkah-langkah kerja bagi kita dalam mendukung dan melaksanakan kegiatan pelayanan sosial dasar sehingga dapat terwujud dalam RKPDesa dan APBDes 2020 sesuai skala prioritas yang telah kita tetapkan,” ujar Ismail.

Sambutan Kepala DPMD sekaligus membuka kegiatan pelatihan, Ir. Budi Sampurno

Ismail berharap program inovasi desa ini dapat membantu pencegahan stunting di Kabupaten Begkulu Utara ini.

Kepala Dinas PMD, Ir. Budi Sampurno mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab melalui pelatihan yang digelar TPID ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di desa.

Sambutan Camat Kota Arga Makmur, Jon Kenedi, S.Sos

“Stunting yang menjadi lokus nasional menjadi tanggung jawab bersama. Butuh komitmen dan kerja sama masyarakat dan pemerintah. Baik di sektor kesehatan maupun non kesehatan. Dari tingkat RT hingga kabupaten dalam pembangunan pangan dan gizi,” katanya.

Budi berharap agar para peserta dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan yang didapat dalam pelatihan ini untuk dikembangkan di desanya masing-masing dan dengan harapan angka stunting akan berkurang.

Laporan Ketua Pelaksana Ismail Yogo Trianto

Selain memberikan materi pelatihan, nara sumber Suryadi dari TAPM-P3MD juga menunjukkan cara pencegahan stunting serta melakukan simulasi pendataan terhadap ibu hamil serta anak balita. (MS. Firman/ADV)