Kecelakaan Lalu Lintas Meningkat, Korban Mayoritas Anak Sekolah

Iptu PANEHAN

 

Iptu PANEHAN

LEBONG, sahabatrakyat.com- Polisi Resor (Polres) Lebong mencatat ada peningkatan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Kabupaten Lebong per bulan April 2019. Peningkatannya mencapai 90 persen jika dibanding dengan data pada bulan yang sama di tahun 2018.

Pada April 2018, jumlah lakalantas yang tercatat adalah 6 kejadian, yang menyebabkan 4 orang meninggal, 5 luka berat, dan lima lainnya luka ringan. Sementara per April 2019, tercatat 10 peristiwa dengan korban jiwa 7 orang, luka berat 2 dan 11 lainnya luka ringan.

Dari hasil penyelidikan polisi, terjadinya peningkatan kecelakaan itu adalah laju kendaraan dengan kecepatan tinggi serta mengendara tanpa aturan. Adapun pengendaranya umumnya berusia muda.

“Jadi karena kecepatan tinggi kemudian tidak menggunakan helm, tidak memiliki SIM,” ujar Kasat Lantas Polres Lebong, Iptu Panehan kepada sahabatrakyat.com, belum lama ini (21/5/2019). “Mayoritas anak sekolah,” tambahnya.

Untuk meminimalisir peningkatan kecelakaan yang terjadi ke depan, selain menggelar sosialisasi polisi juga butuh kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat, terutama keluarga, untuk saling mengingatkan dalam beraktivitas di jalan raya.

“Pencegahannya itu, sampaikan kepada seluruh orang tua, jangan berikan anak kendaraan yang tidak memiliki SIM,” pesan Iptu Panehan.


Pewarta: Aka Budiman

Editor: Jean Freire